In Solidarity with The Muslims

oleh

Oleh Imam Shamsi Ali* 

BEBERAPA hari lalu satu keluarga Muslim Kanada keturunan Pakistan dibunuh oleh seorang terrorist White Supremacy di Toronto Kanada. Salman Afzal dan isterinya beserta dua putrinya meninggal seketika di tempat peristiwa. Yang selamat hanya putra bungsunya yang berumur 9 tahun.

Didorong oleh semangat ukhuwah dan semangat memerangi kebencian (fighting the hate) dan rasisme di Amerika Utara dan dunia Barat secara umum, hari ini 13 Juni 2021, kami mengadakan Konferensi Pers mengutuk kekerasan yang terjadi kepada Komunitas Muslim. Acara yang hadiri oleh banyak pejabat kota, termasuk calon Walikota New York terkuat Eric Adam, serta tokoh agama/Komunitas itu berlangsung di halaman gedung Jamaica Muslim Center New York. 

Kehadiran saya tentunya selain sebagai pembicara utama, juga sebagai tuan rumah (host). Maka wajar jika saya diminta menjadi pembicara pertama pada acara yang juga diliput oleh hampir seluruh media mainstream New York dan Amerika.

Dalam presentasi singkat, seperti yang sering saya sampaikan di mana-mana, saya kembali mengingatkan bahwa memerangi Islamophobia bukan sekedar isu Komunitas Muslim. Tapi isu kemanusiaan dan nilai Amerika (American value) yang sedang terusik. Dan karenanya anda tidak harus menjadi Muslim untuk memerangi Islamophobia. Anda hanya perlu jujur, baik sebagai orang Amerika dan sebagai manusia.