Indonesia-Denmark Kerjasama Jaminan Produk Halal

oleh

JAKARTA | DutaIndonesia.com – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kopenhagen, Denmark, menggelar webinar membahas kerja sama Jaminan Produk Halal antara Denmark dan Indonesia. Hal ini karena peluang kerjasama kedua negara sangat besar. Bahkan Indonesia dan Denmark berencana membangun kerjasama Government to Government (G to G) terkait Jaminan Produk Halal (JPH) yang tercetus dalam pertemuan virtual yang diihadiri Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kopenhagen, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag), serta Danish Agriculture and Food Council (DAFC) tersebut.

“Kami menerima audiensi (virtual) Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kopenhagen untuk membahas kerja sama Jaminan Produk Halal antara Denmark dan Indonesia,” ungkap Kepala Pusat Kerja Sama dan Standardisasi Halal BPJPH, Siti Aminah, di Jakarta, Rabu (7/7/2021).

Fungsi Ekonomi II KBRI di Kopenhagen Rizka Azizah, mengungkapkan bahwa audiensi dimaksudkan untuk mendiskusikan peningkatan hubungan kerja sama Indonesia-Denmark khususnya di sektor perdagangan produk halal.

Aminah pun mengapresiasi inisiasi KBRI Kopenhagen untuk membuat pertemuan virtual ini. “Kami berharap agar kerja sama Jaminan Produk Halal dapat dilakukan antara Denmark dan Indonesia ini dilaksanakan atas adanya perjanjian Government to Government di antara kedua negara,” ungkap Siti Aminah.

Ia mengungkapkan, saat ini sudah ada sejumlah lembaga halal dari Denmark yang berniat melakukan kerja sama JPH dengan BPJPH. “Dengan adanya kerja sama G-to-G antara kedua negara, maka kerja sama BPJPH dengan lembaga halal luar negeri dapat dilangsungkan,” imbuhnya.