Surabaya Lockdown, Pengendara Sempat Bobol Pintu Parkir CITO

oleh
Video lockdown Surabaya, pengendara merangsek masuk area CITO.


SURABAYA | DutaIndonesia.com –
Petugas gabungan secara mendadak menutup total akses masuk utama menuju Kota Surabaya, Jawa Timur, di titik penyekatan Bundaran Waru depan mal City of Tomorrow (CITO), Rabu, 7 Juli 2021 pagi. Akibatnya, kemacetan pun mengular hingga lebih dari satu kilometer di sepanjang jalur menuju Kota Pahlawan itu. Selain jalur masuk Surabaya di Waru, jalur dari utara menuju Surabaya juga ditutup di Gresik.

Pemandangan sore harinya sama. Banyak pengendara mobil maupun motor tidak tahu bila akses masuk ke Surabaya itu ditutup total. Mereka akhirnya terjebak kebingungan. Sebagian memilih meneruskan perjalanan menuju jalur arah Sidoarjo, sebagian besar lain memilih mengambil jalan alternatif di samping CITO. Namun ternyata semua orang menuju satu titik ini sehingga terjadi kemacetan parah pada Rabu sore saat jam pulang kerja. Antrean kendaraan dari arah Bundaran Waru, maupun dari Menanggal, dan Bungurasih, tumplek blek di jalan bawah jembatan, sehingga terjadi kemacetan yang parah.

Melihat kondisi itu, puluhan pemotor yang baru terjebak di Bundaran Waru akhirnya memasuki pintu parkir CITO. Awalnya satu dua orang. Namun kemudian puluhan orang menyerbu pintu masuk parkir yang akhirnya terbuka. Petugas parkir CITO tak mampu lagi menahan banyaknya pemotor yang menyerbu area jalan menuju parkir dan lobi bagian depan CITO.

“Mereka pasti tertahan di depan, pasti terjadi antrean di depan, kecuali mereka membobol lagi pintu yang di sana,” kata seorang petugas parkir CITO kepada Global News, Rabu sore.

Seorang petugas terus melakukan koordinasi dengan petugas di bagian pintu depan, sehingga tidak terjadi kericuhan. Puluhan pemotor itu akhirnya lolos masuk Surabaya. Begitu pula yang melewati jalur alternatif di samping CITO, meski harus macet selama sekitar satu jam, mereka akhirnya bisa masuk Surabaya. Begitu pula sebaliknya yang dari Surabaya bisa keluar melewati jalur bawah jembatan menuju jalan utama Surabaya – Mojokerto atau masuk Terminal Bungurasih.