Desainer New York Beli Batik Toket Pamekasan untuk Dipasarkan di AS-Eropa

oleh -187 views
Vanny Tousignant bersama Konjen RI New York Dr Arifi Saiman MA dan Ibu Endang Wahyu Kinasih Arifi, saat gelaran New York Indonesia Fashion Week 10 September 2021. NYIFW 2022 digelar pada bulan Februari mendatang.

NEW YORK|DutaIndonesia.com – Desainer yang juga founder dan produser New York Indonesia Fashion Week (NYIFW), Vanny Tousignant, benar-benar berkomitmen membantu UMKM batik di Pamekasan, Madura. Khususnya batik dari perajin di Dusun Congkak, Desa Toket.

Bukan hanya saran kurasi, tapi Vanny juga membeli batik karya salah seorang perajin Desa Toket untuk didesain yang kemudian dipromosikan di New York Amerika Serikat. Untuk itu Vanny sudah memesan batik Toket setelah melihat motif dan coraknya berbeda dari batik lain. Batik Toket, kata dia, memiliki keunikan dan khas.

YouTube player
Video pembatik di Desa Toket Pamekasan.

Desain batik Toket ini selanjutnya dipajang di Rumah Singgah Indonesia Boutique and Art di New Jersey. Bahkan, Vanny akan membawa batik Toket untuk dipromosikan ke Eropa saat dia terlibat fashion show tahun 2022 mendatang.

“Saya beli batik di salah satu perajin yang menghubungi saya lalu memberikan penjelasan, foto-foto dan video yang menarik saat proses membatik. Saya belum tahu yang lain. Semoga saya lebih banyak tahu batik Pamekasan khususnya batik Toket. Yang jelas ini perajinnya buat corak karakter dan saya ada penjahit saya di Cirebon yang sudah kerja untuk saya hampir 8 tahun, menilai juga khas, sehingga saya beli untuk saya desain busana yang sesuai pasar Amerika. Nanti juga saya bawa ke Eropa,” kata desainer Vanny Tousignant, yang pada Februari 2022 mendatang kembali menggelar New York Indonesia Fashion Week 2022.

“Saya di sini juga lagi sibuk sana sini, ngurus Rumah Singgah (semacam ruang pameran untuk etalase produk UMKM Indonesia, Red.) dan prepare untuk Februari. Banyak permintaan zoom meeting dari Indonesia juga, untuk mengedukasi UMKM agar tahu kondisi pasar Amerika,” katanya lagi kepada DutaIndonesia.com Rabu 1 Desember 2021.

Batik Toket Pamekasan dipuji desainer Amerika, Vanny Tousignant.
YouTube player

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.