Ketua BAZNAS Ajak Gerakan Zakat Bantu Korban Erupsi Semeru

oleh -11 views

LUMAJANG|DutaIndonesia.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyeru kepada Lembaga Amil Zakat (LAZ) di tingkat nasional dan daerah menggencarkan gerakan zakat untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) sore. 

Sebelumnya BAZNAS telah mengirim tim medis dan tim rescue dari BAZNAS Kabupaten Lumajang.

Ketua BAZNAS RI Prof Dr KH Noor Achmad, MA mengatakan, seluruh gerakan zakat untuk membantu korban di lokasi bencana berada di bawah komando Baznas Pusat.

“Kepada seluruh jajaran BAZNAS dan LAZ mari kita bantu saudara-saudara kita yang menjadi korban atas meletusnya Gunung Semeru dengan cara yang terkordinasi di bawah arahan BAZNAS pusat melalui BAZNAS Tanggap Bencana (BTB),” kata Prof Noor dalam pernyataan resminya, Sabtu (4/12/2021).

Dia mengapresiasi respon cepat yang dilakukan oleh BAZNAS dan LAZ pada saat penanganan Banjir Bandang di Kota Batu, Jawa Timur, dan Kabupaten Garut, Jawa Barat. BAZNAS mengajak hal serupa kembali dilakukan untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang dan sekitarnya.

Ia menegaskan, melalui koordinasi yang baik diharapkan bantuan akan tepat sasaran dan sesuai kebutuhan serta lebih cepat diterima oleh masyarakat yang membutuhkan. “Jadi mari kita lakukan sebaik yang kita lakukan di Kota Batu dan Garut atau bahkan lebih baik lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, Tim Medis dari BAZNAS Kabupaten Lumajang dan sejumlah relawan telah bergabung bersama Tim Baznas Tanggap Bencana (BTB). Mereka bergerak menuju lokasi bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. 

“Tim segera bergabung dengan tim medis dari semua stakeholder untuk bergerak menuju wilayah terdampak bencana erupsi. BAZNAS mengajak masyarakat untuk dapat berpartisipasi membantu para korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang dan sekitarnya,” ujarnya.

Gunung Semeru Kabupaten Lumajang dilaporkan erupsi, Sabtu (4/12/2021) sore. Semburan awan panas Semeru, membuat warga Dusun Curah Koboan, Desa Supit Urang, Kecamatan Poronojiwo, Kabupaten Lumajang, berlarian menyelamatkan diri.

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat kepanikan warga yang berhamburan di tengah terjadinya semburan abu vulkanik. Guyuran abu vulkanik disertai hujan intensitas ringan, membuat pemukiman, kendaraan dan fasilitas umum di Dusun Curah Koboan, tertutup abu. (gas)

YouTube player

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.