Pekan Rajabiyah, Amal Bakti Nahdliyin 99 Tahun NU Wujudkan Peradaban Baru

oleh

SURABAYA|DutaIndonesia.com  — Pekan Rajabiyah merupakan rangkaian kegiatan Amal Bakti Nahdliyin menuju 99 tahun Nahdlatul Ulama. Serangkaian kegiatan digelar, mulai dari Ziarah Muassis (Pendiri) NU, Khataman Kitab Risalah Ahlussunnah Waljamaah karya Hadlratussyaikh KH Hasyim Asy’ari, hingga Simposium Peradaban NU, berpuncak pada resepsi Harlah ke-99 NU di Bangkalan pada Kamis, 17 Februari 2022.

Serangkaian acara sebelum pada puncak resepsi harlah, telah digelar Ziarah Muassis NU di sejumlah tempat makam para pendiri NU, seperti di Surabaya, Jombang, Nganjuk, Kediri, Malang, Probolinggo, Jember, dan Situbondo.

Disebut Pekan Rajabiyah, karena mengambil spirit pada saat NU berdiri dengan mengadakan serangkaian kegiatan penuh pada bulan Rajab. 

“Kami bertekad mengambil spirit dari para muassis NU, dan disesuaikan dengan zaman kini,” tutur KH Abdus Salam Shohib, Wakil Ketua PWNU Jatim, dalam keterangannya.

Pada Senin, 14 Februari 2022 diselenggarakan Khataman Kitab Risalah Ahlussunnah Waljamaah karya Kiai Hasyim Asy’ari, pendiri NU. Acara ini digelar di PWNU Jawa Timur, digawangi Aswaja NU Center Jawa Timur dipimpin KH Ma’ruf Khozin.

Kitab Risalah Ahlussunnah Waljamaah merupakan kumpulan hadis yang memuat pijakan dan dalil-dalil berdirinya Nahdlatul Ulama (NU) pada 16 Rajab 1344 H — dalam hitungan tahun ini, 16 Rajab 1443, telah mencapai 99 tahun. Sedang dalam hitungan kalender Masehi, kelahiran NU bertepatan dengan 31 Januari 1926.

Pada Selasa, 15 Februari 2022, diadakan Launching Studio Media Center PWNU Jawa Timur, dan penandatanganan 9 kesepakatan kerja sama (MoU) NU Jatim, di antaranya terkait Baitul Maal wa-Tamwil (BMT) NU, dan lembaga keuangan NU. 

Pada Rabu, 16 Februari 2022 digelar MADIN Orkestrasi Ekosistem Data NU di kantor PWNU Jatim di Surabaya. Dalam kegiatan ini, diikuti kader-kader profesional NU yang bergerak di bidang IT atau teknologi informasi.

Selain di Surabaya, tepatnya di Sampang, dilanjutkan pemberian Ijazah Kubro dan Apel Kader NU. Apel Kader ini, merupakan ikhtiar penguatan kader penggerak NU dan penguatan spiritual sebagaimana tradisi di lingkungan masyarakat pesantren.

Malam Tasyakuran Harlah ke-99 NU digelar pada Rabu, diikuti utusan dari PCNU se-Jawa Timur. Dilanjutkan pada Kamis, 17 Februari 2022, serangkaian kegiatan seperti Khotmil Quran di 99 titik tempat bersejarah NU di Jatim.

Digelar pula Pre-Launching NU-Tech Summit 2022, Peluncuran Maktabah Turots An-Nahdliyah. 

Selain itu, pada hari yang sama digelar Pertemuan Silaturahmi PBNU, PWNU dan PCNU di kantor PWNU Jatim, yang dihadiri Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, dan sejumlah kiai pesantren di Jawa Timur.

Dalam rangkaian peringatan Harlah ke-99, dipusatkan di Madura. Peringatan harlah dalam hitungan kalender hijriah ini, berusaha mengembalikan fanatisme positif bagi warga NU, khususnya di Pulau Garam sebagai tempat kelahiran Guru Para Pendiri (Muassis) NU, yakni Syaikhona Muhammad Kholil bin Abdul Latif.

Sementara itu, dalam bentuk dialog dan pembahasan masalah, dalam rangkaian harlah digelar Sarasehan Pergeseran Karakter NU Madura, yang digelar di Pamekasan pada Sabtu 26 Februari 2022. Juga digelar FGD Forum Pemred media-media di Jawa Timur, pada Selasa 22 Februari 2022 di kantor PWNU Jatim.

Terkait dengan topik harlah digelar Simposium Peradaban Baru pada 5 Maret 2022 di PCNU Sumenep. Berbagai rangkaian selain itu, ada lomba cover lagu NU dan Shalawatan, Pendidikan Pengembangan Wawasan Keulamaan (PPWK), NU Women Talk, Halaqah Fikih Kebencanaan, dll. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.