In Memoriam Dorce Gamalama: Ingin Meninggal di Masjid, Tapi Dipanggil Sang Khaliq di RSPP karena Covid-19

oleh

Artis serba bisa Dorce Gamalama meninggal dunia pada usia 58 tahun di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Simprug Jakarta Rabu (16/2/2022). Sejak tiga minggu lalu Dorce terkonfirmasi positif COVID-19 sebelum akhirnya meninggal dunia. Jenazah artis yang namanya ngetop sejak berkarier di Kota Surabaya ini pun dimakamkan dengan protokol kesehatan.

COVID-19 membuat kondisi Dorce semakin drop. Bahkan tak sadarkan diri. Keluarga akhirnya membawa Dorce ke rumah sakit. Hingga meninggal dunia, Dorce Gamalama masih positif COVID-19 sehingga pihak rumah sakit tidak bisa menyerahkan begitu saja jenazah almarhumah kepada keluarganya. Yang jelas, jenazah Dorce dimakamkan sesuai protokol COVID-19. Setelah proses di rumah sakit selesai, jenazah tidak dibawa ke rumah duka, sehingga membuat keluarga dan kerabat Dorce bersedih.

“(Pemakaman) belum tahu, ini dari rumah sakitnya,” kata Hetty Soendjaya, salah seorang kerabat Dorce, sambil menangis saat dihubungi awak media, Rabu (16/2/2022). Dia membenarkan jenazah tidak bisa dibawa pulang. Bahkan pihak rumah sakit tidak mengizinkan pihaknya menjemputnya. “Nggak diizinin ke sana karena memang rumah sakit COVID-19 kan. Takutnya kenapa-kenapa juga,” ujarnya.

Sejauh ini, keluarga masih belum bisa memastikan lokasi pemakaman jenazah Dorce Gamalama. “Pemakaman COVID-19 kita nggak tahu juga di mana, masih dalam pembahasan,” katanya.

Dorce Gamalama sempat sakit sebelum akhirnya terpapar COVID-19 dan meninggal dunia. Beberapa waktu lalu, Dorce Gamalama sempat menceritakan keinginannya. Artis, presenter, dan bintang film itu sudah mempersiapkan segala keperluannya bila meninggal dunia. Dia sudah menyiapkan makam hingga kain kafannya.

Hal itu karena beberapa bulan belakangan ini dia mengidap komplikasi sejumlah penyakit. Segala aktivitasnya pun dilakukan di kursi roda. Saat berbincang dengan channel YouTube Denny Sumargo, Dorce juga bicara soal kematiannya. Dia pun sudah berpesan kepada anak-anaknya bila dirinya meninggal dunia.

“Saya juga bilang sama anak-anak, saya bilang, ‘Kamu jangan sakiti Mama karena umur Mama nggak panjang,’” katanya. Dia pun mengaku sudah menyiapkan segala sesuatu bila meninggal dunia.

“Saya punya kain kafan sendiri. Saya punya kuburan sendiri. Di rumah saya di Lubang Buaya ada masjid, di masjid itu saya berpulangnya,” kata Dorce. Namun Dorce akhirnya dipanggil Sang Khaliq di RSPP. Bukan di masjidnya.

Sebelumnya, dalam kondisi sudah berada di kursi roda, Dorce sempat membuat heboh lantaran meminta bantuan kepada Presiden Joko Widodo hingga Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Presiden Jokowi dan Megawati, kata dia, membantu dana untuk perawatan kesehatannya.

No More Posts Available.

No more pages to load.