Pacitan Tumandang, Gubernur Khofifah: Bangun Koneksitas, Perluas Publisitas Pesona Wisata Pacitan

oleh

PACITAN|DutaIndonesia.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh elemen di Kab. Pacitan untuk menjadikan momentum Hari Jadi ke-277 Kab. Pacitan sebagai spirit dan optimisme untuk terus maju dan bangkit. Utamanya dalam mengembangkan konektivitas di sektor pariwisata.

“Tema Pacitan Tumandang memberikan spirit bagi kita untuk kerja keras. Hari ini kerja keras harus diikuti kerja profesional dan transformasi digital. Bersinergi dan berkolaborasi akan menjadi bagian penting untuk kemajuan Pacitan hari ini dan yang akan datang, apalagi Pacitan punya potensi yang sangat luar biasa di sektor pariwisata,” kata Khofifah saat menghadiri Peringatan Hari Jadi ke-277 Kab. Pacitan di Pendopo Agung Kab. Pacitan, Sabtu (19/2/2022).

Khofifah mengatakan, potensi wisata di Pacitan ini harus didukung dengan konektivitas dengan berbagai daerah di sekitarnya. Termasuk dengan provinsi lain yakni Jawa Tengah maupun D.I. Yogyakarta. 

“Konektivitas ini menjadi penting termasuk dengan daerah Mataraman lain. Jadi keindahannya Pacitan, luar biasanya pesona wisata di Pacitan ini saya rasa membutuhkan proses konektivitas dan publisitas lebih luas lagi. Sehingga wisatawan baik domestik maupun luar negeri bisa menikmati indahnya pesona wisata  Pacitan,” ujarnya.

Menurut Khofifah, membangun konektivitas di Pacitan ini tidak hanya menjadi PR bagi pemerintah kabupaten, namun juga Pemprov Jatim. Yakni membangun konektivitas terutama dengan para pelaku usaha yang  bergerak di bidang travel agent.

“Apakah dengan Jawa Tengah dan Jogja atau daerah Mataraman. Mencapai titik-titik yang indah itu ternyata membutuhkan energi yang tidak mudah juga untuk mengaksesnya. Maka harus ada titik-titik destinasi lain  yang terkoneksi sehingga orang tidak terasa sampai kepada titik yang memang betul-betul punya pesona luar biasa itu,” jelas orang nomor satu di Jatim.

Untuk itu, Khofifah akan berkoordinasi dengan Kepala Dinas Budpar,  Perhubungan dan Dinas PU Cipta Karya Provinsi Jatim terkait pengembangan akses ataupun jalan di Pacitan. Baik akses menuju Pacitan maupun antar titik tujuan wisata.

“Semoga akses antar titik itu akan bisa makin mendekatkan destinasi-destinasi yang sama-sama punya nilai menariknya. Jadi bisa saling terkoneksi dan saling menguatkan antar satu dengan yang lainnya,” katanya.

Lebih lanjut, Mantan Mensos RI ini berharap Pemkab Pacitan terus mengembangkan dan mengoptimalkan potensi yang ada. Tidak hanya untuk menyejahterakan warga, tetapi juga menghadirkan Pacitan sebagai kekuatan ekonomi yang menopang Jawa Timur di sisi barat.

“Pacitan ini punya banyak potensi alam, akar budaya yang kuat, serta kekhasan lokal yang bisa jadi kekuatan baru, baik di Jawa Timur maupun bagi Indonesia. Kuncinya ialah sinergi terus menerus antara pemerintah dan warga”, jelasnya.

Dalam kesempatan ini Gubernur Khofifah turut menyampaikan selamat Hari Jadi ke-277 Kab. Pacitan. Melalui tema Pacitan Tumandang, juga menjadi sebuah komitmen penting yaitu adanya spirit kebersamaan antara Pemerintah dan Warga. Kebersamaan ini menurutnya harus terus dipupuk menjadi sebuah kekuatan dalam membangun sebuah wilayah.

“Filosofi tema dalam peringatan hari jadi tahun ini (Pacitan Tumandang) sangat baik dan bermakna. Bergerak bersama menjadi kunci kesuksesan pembangunan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

“Mudah-mudahan Allah menurunkan  keberkahan  bagi seluruh warga Pacitan. Pak Bupati dan Ibu, Pak Wakil Bupati dan ibu serta semua pimpinan di Kab. Pacitan Semoga dianugerahkan oleh Allah  kesehatan, keselamatan, kesuksesan serta keberkahan. Selamat dan sukses semuanya. Semoga semua makin bersatu padu, guyub rukun,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengatakan bahwa di Hari Jadi ke-277 Kab. Pacitan ini berharap menjadi sarana untuk warga masyarakat termasuk di lingkungan pemerintahan untuk mawas diri. Sehingga tercipta pemerintahan yang menciptakan masyarakat yang adil, sejahtera, toto tentrem karto raharjo.

“Mari merayakan ulang tahun ini secara sederhana karena masih dalam suasana pandemi covid 19. Untuk itu mari mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Mari berdoa semoga pandemi segera berakhir,” katanya.

Menurutnya, Tema Hari Jadi ke-277 Pacitan ini adalah “Pacitan Tumandang” yang berarti cepat menyesuaikan diri untuk sesegera bertindak mandiri. Melalui tema ini, Bupati Indrata juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama bekerja keras meningkatkan daya saing SDM di Kab. Pacitan. 

“Pengembangan SDM ini bukan hal mudah tapi juga bukan hal mustahil. Meskipun masih dalam situasi pandemi Covid-19 tapi kita tetap harus semangat sembari menjaga protokol kesehatan dengan baik,” katanya.

Acara Hari Jadi ke-277 Pacitan ini diisi dengan kirab dan penyerahan pusaka berupa keris dan tombak dari sesepuh perawat pusaka kepada Gubernur Jatim. Untuk selanjutnya diserahkan kepada Bupati Pacitan dan selanjutnya pusaka kadipaten disimpan kembali ke tempatnya.

Turut hadir Wakil Bupati Pacitan Gagarin, Ketua TP PKK Kab. Pacitan Efi Suraningsih, Ketua DPRD Kab. Pacitan Roni Wahyono dan jajaran Forkopimda Kab. Pacitan, para mantan Bupati Pacitan yakni Soedjito (periode 1990-1995), H. G. Sudibjo (periode 2011), H. Indartato (periode 2011-2021), para mantan Wakil Bupati Pacitan, Kepala Bakorwil Madiun Eddy Supriyanto, Karo Pemerintahan dan Otda Setdaprov Jatim Jempin Marbun, serta jajaran OPD Pemkab Pacitan. (gas)

No More Posts Available.

No more pages to load.