Habis Magetan, Surabaya Diguyur Hujan Es

oleh

SURABAYA|DutaIndonesia.com – Sejumlah wilayah di Kota Surabaya dan sejumlah daerah lain di Jatim mengalami fenomena alam unik. Sejumlah daerah itu diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan butiran es dalam jumlah banyak pada Minggu dan Senin (21/2/2022). Hujan disertai butiran es itu antara lain terjadi di Surabaya pada Senin sore ini sekira pukul 14.50 WIB. Selain Kota Surabaya, sebelumnya dua desa di Magetan juga mengalami hujan es.

Lalu apa yang terjadi pada cuaca hari ini? Setiawan, prakirawan BMKG Juanda, mengatakan biasanya hujan es terjadi di musim pancaroba, mengapit puncak musim hujan. Hal itu juga pertanda musim hujan sudah mulai berakhir.

“Hujan es terjadi karena suhu konveksinya tercapai. Jadi, suhu udara di permukaan bumi panas sekali sedangkan awan Cumulonimbus (CB) di langit suhunya sangat rendah bisa mencapai minus 80 derajat. Sampai bawah, esnya belum habis,” kata Setiawan kepada Radio Suara Surabaya, Senin sore.

Setiawan menambahkan, hanya awan tinggi dengan suhunya sangat dingin yang bisa menyebabkan hujan es. Awan rendah tidak bisa menjadi hujan es.

Sampai pukul 15.20 WIB, BMKG Juanda mencatat hujan es terjadi di Surabaya dan Nganjuk. “Dugaannya, suhu konveksi di dua wilayah ini tercapai,” kata dia.

Terkait angin kencang, kata Setiawan, angin terjadi menjelang hujan menandakan pembentukan awan CB-nya besar atau tinggi. Sedangkan angin yang terjadi pada saat hujan adalah efek hempasan hujan dengan volume yang besar.
“Anginnya biasanya mendaki, ada pertemuan massa udara dingin dan hangat. Kalau anginnya gak kencang ke atas, gak mungkin terbentuk awan besar,” kata dia.

Sebelumnya BMKG telah mengeluarkan peringatan dini pada pukul 13.00 WIB untuk wilayah Nganjuk dan pukul 14.45 WIB untuk wilayah Surabaya.

Berikut daftar wilayah Kota Surabaya terjadi hujan es seperti dipantau di Suara Surabaya:

– Tubanan
– Margomulyo
– Wiyung
– Tandes
– Asem Rowo
– Margorejo
– Jambangan
– Pagesangan
– Manukan
– Jemursari
– Kertajaya
– Darmo Indah
– Kupang Indah
– Bukit Darmo
– Lontar
– Sekitar Unesa Lidah
– Tengger Kandangan
– Kendang Sari
– Sukomanunggal
– Arif Rahman Hakim
– Mulyosari
– Indrapura
– Ngagel
– Gubeng
– Taman Pondok Indah
– Balas Klumprik
– Kebraon
– Kedurus
– Undaan
– Jemur Andayani.

Hujan Es di Magetan

Sementara itu sehari sebelumnya dua desa di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, sempat pula diterpa hujan deras disertai butiran es pada Minggu (20/2/2022) sore. Kasie Kedaruratan Dan logistik BPBD Magetan Eka Wahyudi mengatakan, hujan deras disertai butiran es terjadi di dua desa yang terletak di kecamatan berbeda.

“Ada dua desa yang dilaporkan turun hujan disertai es, di Kecamatan Barat sama di Karangrejo,” ujarnya melalui sambungan telepon, Senin (21/02/2022). Menurut Eka, butiran es yang turun saat hujan deras itu ada yang sebesar kelereng. Meski begitu, tidak ada laporan dari warga terkait kerusakan akibat bencana tersebut. “Belum ada laporan warga terkait kerusakan baik kaca atau atap rumah warga,” imbuhnya.
Eka menambahkan, hujan es itu tak berlangsung lama, sekitar tiga menit.

Meski tidak ada kerusakan yang dilaporkan, hujan deras yang disertai butiran es sempat menumbangkan empat pohon. Dua di antaranya sempat menghalangi lalu lintas. “Yang kita tangani yang menghalangi arus lalu lintas karena kemarin ada empat titik pohon tumbang,” kata Eka. (ssn/kcm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.