Pertama di Indonesia, AKD Jatim Gandeng Bank Mandiri Siapkan JHT bagi Kades

oleh

SURABAYA|DutaIndonesia.com – Asosiasi Kepala Desa Jawa Timur (AKD Jatim) menggandeng Bank Mandiri untuk menyiapkan “dana pensiun” atau “Jaminan Hari Tua” (JHT) bagi kepala desa (kades). Untuk itu, AKD Jatim bersama Bank Mandiri meluncurkan program “Kades Sebagai Agen Mandiri” yang tahap pertama akan dimulai di Kabupaten Bangkalan, Madura, Kamis 24 Februari 2022.

Dengan menjadi agen Bank Mandiri, semua kades bisa bertindak layaknya sebuah kantor cabang bagi bank tersebut di desa yang bersangkutan. Artinya, semua layanan perbankan untuk warga bisa dilakukan oleh para kades yang menjadi anggota AKD Jatim.

Terkait hal itu, Pembina AKD Jatim, Dwi Putranto Sulaksono, menandatangani 7.724 berkas perjanjian antara para kades anggota AKD Jatim dengan Bank Mandiri pada Selasa 22 Februari 2022. Jumlah ini baru sebagian saja dari seluruh kades anggota AKD Jatim yang akan menjadi agen Bank Mandiri di desanya.

“Alhamdulillah, hari ini hari yang bersejarah, tanggal 22 bulan 2 tahun 2022, saya baru saja menandatangani berkas perjanjian antara kepala desa anggota AKD Jatim sebanyak 7.724 kepala desa untuk menjadi agen Bank Mandiri. Semoga dengan ini pertumbuhan ekonomi di desanya bisa lebih cepat, warganya bisa lebih makmur, khususnya saudara-saudaraku kepala desa, juga lebih makmur,” katanya.

Dalam proses selanjutnya para kades akan mendapatkan semacam jaminan hari tua apabila melakukan secara profesional sebagai agen Bank Mandiri. Profesional dalam arti melaksanakan fungsi-fungsi perbankan untuk melayani para nasabah, yang dalam hal ini warganya sendiri.

“Ini juga bisa sebagai pensiun bila nanti sudah tidak lagi menjabat, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Insya Allah dengan menjadi agen Bank Mandiri, kebutuhan sehari-hari akan tercukupi dengan baik,” kata Dwi.

Proses penandatanganan berkas perjanjian antara kades anggota AKD Jatim dan Bank Mandiri akan dilakukan secara bertahap. Sebanyak 7.724 berkas itu merupakan sebagian dari 8.501 berkas yang merupakan jumlah kepala desa yang ada di Jatim. Sementara Dwi Putranto Sulaksono sebagai Pembina AKD Jatim bertindak sebagai penjamin bagi para kades. (gas)

Tonton Video AKD Jatim dan Bank Mandiri luncurkan Kades Agen Mandiri:

No More Posts Available.

No more pages to load.