99 Kades di Kab. Malang Jadi Manajer Desa Mandiri, Kerjasama AKD Jatim dan Bank Mandiri

oleh
Video sambutan lengkap Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto dalam launching Kades Manajer Desa Mandiri.

MALANG|DutaIndonesia.com –Sebanyak 99 kepala desa di Kabupaten Malang menandatangani kerjasama sebagai Manajer Desa Mandiri yang diprakarsai Asosiasi Kepala Desa Jawa Timur (AKD Jatim) dan Bank Mandiri. Penandatanganan naskah kerjasama dilakukan di Pendopo Pringgitan Kabupaten Malang, Jl.H. Agus Salim, Kota Malang, Rabu (2/3/2022) siang.

Selain dihadiri ratusan Kades di Kab. Malang, acara penandatanganan kerjasama juga dihadiri Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, Pembina AKD Jatim Dwi Putranto Sulaksono, Sekdakab Wahyu Hidayat & para pejabat di Kab. Malang, Pj Ketua AKD Jatim H. Munawar, SIp, beserta jajaran pengurus, serta beberapa Kades dari Kota Batu dan Kabupaten Malang.

Wabup Didik G. S. yang mewakili Bupati H.M. Sanusi menyambut baik & mengapresiasi program Manajer Desa Mandiri. Menurutnya program itu membangkitkan jiwa entrepreneur para Kades, sekaligus untuk mempersiapkan masa depan kades setelah tidak menjabat lagi.

Sedangkan Pembina AKD Jatim Dwi Putranto Sulaksono mengatakan, program tersebut menjadi bagian dari kegiatan AKD Jatim untuk memberdayakan para kepala desa di Jatim, khususnya di Kab. Malang. Menurut Dwi, program tersebut murni untuk kemakmuran dan kebaikan kepala desa di Jatim. Yang selanjutnya untuk kemakmuran desa dan kesejahteraan warganya.

Dwi menegaskan, sejak awal membidani AKD Jatim dia ingin membantu kepala desa memberdayakan diri. Menurutnya, pada awal AKD berdiri posisi Kades dipandang sebelah mata dan hanya jadi ujung tombak sekaligus ujung tombok. Sebab pengabdian kades untuk warganya dilakukan secara total.

“Setelah AKD berdiri, kini kepala desa ada yang jadi bupati, wakil bupati, ketua DPRD, anggota DPRD,” kata Dwi Putranto.Bahkan Dwi mengaku sangat bangga dengan Wabup Malang Didik Gatot Subroto, yang mengawali karir politiknya sebagai Kades Tunjungtirto, Singosari, Malang. Menurut Dwi, pencapaian Didik, yang juga seorang pengusaha bisa jadi teladan kepala desa lainnya,  khususnya di Malang dan JawaTimur umumnya.  (bdh/gas)

2 thoughts on “99 Kades di Kab. Malang Jadi Manajer Desa Mandiri, Kerjasama AKD Jatim dan Bank Mandiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.