Hanya Pamekasan Beri Beasiswa Kedokteran, Unair Puji Bupati Baddrut Tamam

oleh

PAMEKASAN|DutaIndonesia.com – Direktur Kemahasiswaan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Dr Hadi Subhan SH MA menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada Pemkab Pamekasan yang telah membuat program beasiswa kedokteran bagi para lulusan SLTA di Pamekasan. Selama ini tidak ada daerah yang membuat program seperti itu.

Hadi mengungkapkan itu saat menjadi pemateri dalam sosialisasi program beasiswa kedokteran Pemkab Pamekasan yang digelar secara virtual di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, Rabu (9/3/22). Acara ini dihadiri Bupati Baddrut Tamam, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Kantor Kemenag, para siswa SLTA dan orang tua siswa.

Hadi Subhan menyampaikan apresiasi karena selama ini biasanya beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa di Fakultas Kedokteran relative sangat minim. Menurut dia, biasanya para donatur memberikan beasiswa sesuai dengan kebutuhan lembaganya.

“Misalnya BUMN maupun perusahaan swasta hanya memberikan beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan di perusahaannya. Mereka memberikan beasiswa, biasanya bukan kedokteran. Karena tentu mereka perusahaan itu mencari dari program studi yang terkait dengan bidang yang ditangani oleh perusahaannya,” katanya.

Dia mencontohkan, salah satu lembaga yang selama ini bekerjasama dengan Unair adalah Bank Indonesia yang menyalurkan beasiwa. Namun bukan bidang kedokteran. Demikian juga dengan perusahaan perusahaan lain. Sehingga kalau Pamekasan mem-backup beasiswa kedokteran, kata dia, ini merupakan suatu hal yang sangat bagus.

Dia mengungkapkan tentang potret beasiswa yang ada di Unair selama ini. Beasiswa di Fakultas Kedokteran, kata dia, jumlah penerimanya paling rendah. Kalau Kabupaten Pamekasan bisa membackup mahasiswa yang berasal dari daerahnya adalah kemanfaatan yang luar biasa, karena jarang yang melakukan.

Membackup beasiswa bidang kedokteran, kata Hadi, adalah pilihan yang tepat, untuk kemanfaatan bagi masyarakat kabupaten Pamekasan khususnya di bidang kesehatan. ” Kabupaten Pamekasan jadi tambahan bagi kami untuk melayani para mahasiswa dari Pamekasan bidang kesehatan,” tandasnya.

Sementara itu Akhmad Zaini MPd, Kepala Dinas Pendidikan Pamekasan mengatakan beasiswa untuk mahasiswa kedokteran diberikan pada jalur mandiri kemitraan, atau dengan kata lain yang akan ditanggung biayanya mahasiswa yang lulus di jalur kemitraan.

Zaini menghimbau kepada para siswa SLTA yang akan segera memasuki perguruan tinggi, jika berkenan untuk mengikuti program beasiswa tersebut, hendaknya mempersiapan diri sebaik- baiknya, di antaranya selalu mencari informasi di website Unair tentang penerimaan mahasiswa baru.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan beasiswa kedokteran ini sengaja dibuat sebagai upaya Pamekasan mempersiapkan SDM yang tangguh bidang kesehatan. Terlebih lagi untuk menyambut banyaknya kebutuhan tenaga dokter utamanya setelah pembangunan Rumah Sakit Provinsi di Pamekasan selesai. (mas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.