Pengurus AKD Jatim Terbentuk, Pembina Tekankan Soliditas untuk Keberhasilan Perjuangan Memakmurkan Kades dan Desanya

oleh
Video rapat pengurus AKD Jatim.

SIDOARJO|DutaIndonesia.com – Rapat Koordinasi Teknis penyusunan pengurus Asosiasi Kepala Desa Jawa Timur (AKD Jatim) yang diadakan di kantor organisasi para Kades itu di Kompleks Pasar Wisata Sedati Sidoarjo, Senin (28/3/2022), berlangsung demokratis dan dinamis. Rapat yang dipimpin Ketua AKD Jatim H. Munawar S.I.P., bersama Pembina AKD Jatim Dwi Putranto Sulaksono, Sekjen Suhanto, dan Bendahara Saifullah Mahdi (Sandi) ini, sempat diwarnai interupsi dari peserta rapat.

Namun, para pengurus sepakat menjaga kekompakan sehingga rapat pun berlangsung gayeng, rukun, guyub, penuh kekeluargaan.

Pembina AKD Jatim Dwi Putranto Sulaksono menekankan pentingnya soliditas, kekompakan, dalam menjalankan roda organisasi AKD Jatim. Pasalnya, dengan bersikap kompak, para Kades di Jatim akan kuat sehingga diperhitungkan oleh pihak lain.

“Kekompakan, persatuan, soliditas, menjadi kunci meraih keberhasilan dalam perjuangan untuk memakmurkan kades dan warga desanya,” kata Dwi Putranto.

Dalam rapat tersebut, para kades, yang dalam hal ini sebagai Ketua AKD di kabupaten/kota masing-masing, mengusulkan agar rapat mengakomodir semua wilayah di Jatim. Terkait hal itu,  Ketua AKD Jatim H. Munawar SIp menilai wajar para peserta menyampaikan banyak usulan sebab hal ini untuk kepentingan bersama, yang muaranya untuk kepentingan pembangunan di desanya. Artinya, untuk kepentingan warga di desanya masing-masing.

“Tidak apa-apa susunan pengurus AKD Jatim kali ini lebih gemuk, asal bisa mengakomodir banyak aspirasi dari daerah-daerah, meski tentu saja, tidak semua aspirasi bisa diwujudkan di sini,” kata H. Munawar SIp, yang juga Kades Rosep, Kec.Blega, Kabupaten Bangkalan ini.

Untuk itu, kata dia, selain ketua, wakil ketua, sekjen dan wakil sekjen, serta bendahara dan wakil bendahara, ada pula koordinator wilayah, meliputi Madura, Tapal Kuda, Mataraman,  Malang Raya,  Kediri-Nganjuk-Tulungagung- Blitar, Gresik-Lamongan-Tuban-Bojonegoro, serta Sidoarjo-Mojokerto-Jombang.

Selain itu ada pula bidang-bidang dengan koordinator dan enam anggota. Masing-masing Bidang Hukum dan Advokasi, Bidang Organisasi & Pengembangan SDM, Bidang Pembangunan, Bidang Ekonomi, Bidang Budaya & Agama, Bidang Pemerintahan, dan Bidang Pemberdayaan Perempuan.

Di sela-sela rapat yang berlangsung hingga tengah malam dan berpindah ke Hotel Primier Place Juanda, usulan nama untuk menjadi pengurus AKD Jatim terus masuk ke sekretariat. “Kami menerima semua masukan itu,” kata Sandi, yang juga Kades Pangkah Wetan, Kec. Ujung Pangkah, Kab. Gresik.

Selanjutnya para pengurus akan dikukuhkan secara resmi sehingga bisa segera menjalankan semua program AKD Jatim. “Lokasi pengukuhan, ada usulan di Bojonegoro, tapi kemungkinan besar di Surabaya,” kata Sandi. (gas/bdh

Susunan Pengurus AKD Jatim Periode 2022-2026

Pembina : R.H. Dwi Putranto Sulaksono

Ketua : H Munawar, S.I.P.

Wakil Ketua : Miskun Legiono (Sumenep)
Bhisma (Jember), Ghozali (Bojonegoro),
Imam (Kediri), Juwadi (Ngawi), Hasan Bashori (Malang).

Sekjen : Suhanto (Lumajang)

Wakil Sekjen : Anik (Malang), Anton (Banyuwangi), Farid Afandi (Pemekasan), Edi (Bojonegoro), Dedi Nawan (Nganjuk), Nurul Yatim (Gresik), Puryono (Trenggalek).

Bendahara : Saifullah Mahdi (Gresik)

Wakil Bendahara : Marsubi (Jombang), Abah Soleh, Wiweko (Batu), Nur Cholis (Jember), Nur Hasan (Sampang), H. Juharto SH (Situbondo), Abd. Bari (Bondowoso)

Koordinator Wilayah:

Madura : Jayus
Tapal Kuda : Kusno
Mataraman : Rebo,
Gresik-Lamongan-Bojonegoro-Tuban: Yacub Subi
Malang Raya : Dodit Mulyo
Kediri- Nganjuk- Tulungagung- Blitar: Darwanto
Sidoarjo- Mojokerto- Jombang: Iswahyudi

Bidang Hukum dan Advokasi

Koordinator: Nugroho (Lamongan)
Anggota :  Anam Warsito (Bojonegoro),  Bambang Saputro (Ngawi), Partono (Ngawi), Edi Haryanto (Lumajang), Agus (Mojokerto)

Bidang Organisasi & Pengembangan SDM

Koordinator : Muntolib (Sidoarjo)
Anggota : Yudi Wiyono (Banyuwangi), Hari Cahyono (Tulungagung), Rio Herdiawan (Jombang), Siswadi (Gresik), Sujarwo (Madiun).

Bidang Pembangunan 

Koordinator : Muh. Yudhi Iswanto (Pasuruan),

Anggota : Zulfikar (Sumenep), Juni (Tulungagung), Abd. Somad (Sampang), Slamet Hariyadi (Bojonegoro), Bahruddin (Bangkalan).

Bidang Ekonomi

Koordinator : Samsuri (Situbondo)
Anggota : Rival (Lumajang), Ach. Fauzi (Pamekasan), Sutrisno (Kediri), Jamhuri (Malang), Haris Kuswanto (Pacitan).

Bidang Agama & Budaya

Koordinator : Yuli Cahyo (Tuban)
Anggota : Sunoko (Bojonegoro), Abd. Hayat (Sumenep), Sonhaji (Banyuwangi), Pusilan (Sampang), H. Tupin (Lumajang).

Bidang Pemerintahan

Koordinator : Tri Haryono S.Sos (Blitar)
Anggota : Asad Abd. Haris (Bangkalan), Kani Kumaidah (Bojonegoro), Nasiran (Gresik), Barno (Ponorogo), Hasan SH, (Jombang), Mathari, S.I.P. (Bondowoso)

Bidang Pemberdayaan Perempuan

Koordinator : Ny. Soebandi (Sidoarjo)
Anggota : Yulia (Bojonegoro), Suriyanti (Lumajang), Masrudin (Nganjuk), Amirulyati (Ngawi), Lilik (Magetan)

No More Posts Available.

No more pages to load.