Tarawih di Masjid Wali

oleh

Oleh Nur Fakih

NIAT salat Tarawih di masjid-masjid bersejarah di Gresik tertanam sejak 1995.  Baru tahun ini bisa mengawali salat Tarawih hari pertama di masjid peninggalan Syeikh Maulana Malik Ibrahim di dusun Pasucinan, desa Leran, Kec. Manyar. 

Di desa Leran ini Malik Ibrahim menyebarkan Islam yang pertama di tanah Jawa pada awal abad 14. Sebagaimana nabi Muhammad saat hijrah ke Madinah, Malik Ibrahim yang datang dari Iran langsung membangun masjid terlebih dahulu sebelum membangun peradaban yang lain. 

Dari masjid  inilah dakwah Islamiyah di Tanah Jawa dimulai. Usaha mengislamkan masyarakat ditempuh melalui pendekatan politik kekuasaan dengan melobi Raja Brawijaya agar masuk Islam. Meski menolak pindah agama, Malik Ibrahim diberi kebebasan oleh Raja Mojopahit untuk berdakwah baik melalui pendidikan maupun bisnis perdagangan. 

Kini masjid Syeikh Malik Ibrahim telah dipugar warga Pasucinan. Di sana tidak tersisakan lagi barang barang lama, kecuali kolam dan sumur yang terletak di dalam area masjid. 

Mimbar khutbah dipindah ke masjid desa Leran dan bedug disimpan di museum. Kayu bekas bangunan kuno beserta batu-batunya dipendam untuk mengurug tanah masjid. 

Yang unik di masjid ini tempat imam salat ada dua. Yang satu di bangun persis di tempat imam yang asli dan yang satu lagi di tempat yang baru. Menariknya lagi arah kiblat kedua tempat imam itu saling serong. Yang asli sedikit serong ke kiri dan yang satu lagi agak serong ke kanan. 

Meski kedua tempat imam tidak persis arah kiblatnya tetapi bisa menjalani salat Tarawih 20 rokaat dan tiga rokaat salat witir dengan nikmat. Salat Tarawihnya tidak tergesa-gesa eperti dikejar jin dan tidak terlalu lambat. Tidak ada gerakan makmum mendahului imam. Seusai baca ayat terakhir surah al-Fatihah makmum selalu nunggu imam baca amin terlebih sebelum diikuti jamaah. (*)

Keterangan Foto:

Foto atas Nur Fakih bersama Pak Dul pengurus Masjid Syeikh Malik Ibrahim. Foto tengah dua paimaman. Yang satu peninggalan lama posisinya serong ke kiri yang satu paimaman baru yang posisinya sedikit serong ke kanan. Dan yg ketiga kolam peninggalan Syeikh malik Ibrahim yg terletak di dalam area masjid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.