Salat Tarawih Terlama di Magetan, Bacaan 30 Juzz dalam Semalam

oleh

MAGETAN|DutaIndonesia.com – Biasanya orang salat Tarawih ingin cepat. Orang ini biasanya lebih memilih 11 rekaat 5/6 salam ketimbang 23 rekaat dengan bacaan surat pendek-pendek. Namun tidak demikian dengan orang yang salat Tarawih di Magetan ini, sebab salat Tarawihnya jelas sangat lama. Pasalnya bacaan suratnya sampai 30 juzz yang memakan waktu kurang lebih 8 jam. Salat dimulai habis Isyak hingga Subuh. Kebayang kan lamanya!?

Tarawih 30 juzz selama 8 jam dari lepas salat Isyak hingga jelang Subuh ini dilakukan oleh Ponpes Al – Fatah di Desa Temboro Kecamatan Karas Kabupaten Magetan.

“Awalnya Tarawih dengan bacaan Al Quran 30 juzz ini dilakukan oleh salah satu ustadz 10 tahun lalu secara sembunyi-sembunyi. Kemudian peserta makin banyak makin banyak. Karena peminatnya banyak akhirnya diresmikan sekalian. Bahkan selain di masjid utama trangkil Tarawih juga digelar pada 10 tempat dengan model Tarawih 30 juzz,” kata Ustad Berli Musadad Sabtu (9/4/2022) sore.

Tarawih dalam pelaksanaan salatnya sama saja dengan salat Tarawih pada umumnya. Hanya saja, lanjut Ustadz Berli, yang membuatnya berbeda adalah bacaan Al Quran 30 juzz dalam semalam. Sehingga surah-surahnya panjang memakan waktu lama, mulai habis Isyak, selesainya jelang Subuh.

“Dalam pelaksanaan salat Tarawih di Ponpes Al-Fatah Temboro ini ada sebanyak 6 Imam, tiap tiap iman baca 5 juzz, gantian imam berikutnya. Sedang makmumnya ini yang luar biasa dan dari mana saja. Namun didominasi santri, ada juga yang sebelumya mendengar ada salat Tarawih 30 juzz, penasaran kemudian datang dan mencoba ada, yang kuat dan ada juga yang datang sekali kemudian tidak datang lagi,” ungkapnya.

Saat ini salat Tarawih 30 juzz di Ponpes Al-Fatah Temboro sudah menjadi tradisi dan ikon pondok ini. Salat Tarawih 30 juzz 8 jam ini juga menjadi salat terlama. Ustadz Baril mempersilakan siapa saja yang ingin dan tertarik ikut salat Tarawih di ponpes ini bisa langsung ke Temboro. “Ayo bila berminat kita salat Tarawih bersama-sama,” pungkasnya. (nto)

No More Posts Available.

No more pages to load.