Gubernur Khofifah Kagumi Bandeng Jumbo Milik Kades Pangkah Wetan Gresik

oleh

SURABAYA|DutaIndonesia.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kagum pada bandeng jumbo milik Kepala Desa Pangkah Wetan Kec. Ujung Pangkah Kab. Gresik, Haji Saifullah Mahdi (Sandi). Maklum, bandeng besar itu baru saja dinobatkan sebagai juara pertama kontes bandeng kawak di Gresik.

“Kira-kira bandeng sebesar ini enaknya dimasak apa ya untuk buka puasa? Ada yang punya ide?,” kata Gubernur Khofifah mengajak warganya untuk memasak bandeng seperti diunggah dalam akun Instagramnya, yang dilihat Sabtu (30/4/2022) siang.

Bandeng jumbo milik Bendahara Asosiasi Kepala Desa Jawa Timur (AKD Jatim) itu sempat membuat kagum pengunjung acara kontes bandeng dan juga Pasar Bandeng di Gresik dalam rangka menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan 1443 H.

“Bandeng seberat 18,04 kg ini juara 1 Festival Bandeng Gresik milik H. Syaifullah Mahdi Ujung Pangkah – Gresik. Fyi, Pasar Bandeng ini berlangsung sampai tanggal 30 April 2022 di sepanjang jalan Gubernur Suryo, Jl. Samanhudi, Jl. Cokroaminoto dan Jl. Raden Santri , Kabupaten Gresik,” kata Gubernur Khofifah.

Baca Berita Terkait: Kades Sandi: Anggota AKD Jatim Harus Rukun Guyub

Kepala Desa (Kades) Pangkah Wetan, Haji Saifullah Mahdi, memang memenangkan kontes bandeng kawak tahun 2022 yang digelar Pemkab Gresik di alun-alun setempat, Kamis (27/4/2022) malam lalu. Kontes bandeng kawak merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pasar Bandeng tahun 2022 di minggu terakhir bulan Ramadhan 1443 H. Kegiatan itu dibuka langsung Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, didampingi Wabup Aminatun Habibah.

Selain dikenal sebagai kades yang sukses membangun desanya, Sandi–sapaan akrab Saifullah Mahdi–, merupakan salah satu petambak sukses di Kabupaten Gresik. Dalam kontes kali ini, bandeng kawak miliknya memiliki bobot 18,04 kilogram (kg) sekaligus menjadi yang terberat dibanding bandeng peserta lain. Untuk itu, Sandi berhak mendapatkan juara I dan mendapatkan hadiah umroh beserta uang pembinaan sebesar Rp15 juta.

Sedang juara II dalam kontes bandeng kawak kali ini adalah Rozikin, juga petambak asal Ujungpangkah. Bandeng miliknya memiliki berat 8,7 kg dengan panjang 78 centimeter (cm). Ia berhak mendapatkan uang pembinaan Rp10 juta.

Selanjutnya, juara ketiga adalah bandeng milik M. Sobih, warga Desa Tanjung Widoro, Mengare, Kecamatan Bungah. Bandeng kawak miliknya memiliki bobot 8,01 kilogram dengan panjang 74 sentimeter. Ia berhak mendapatkan uang pembinaan Rp5 juta. (gas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.