Gubernur Khofifah Pererat Keguyuban Antar Kepala OPD Jatim Lewat Qiyamul Lail Berjamaah dan Lomba Memasak Bandeng Gresik

oleh

Upaya Lahir Batin Menyatukan Langkah Wujudkan Jatim yang Semakin CETTAR

SURABAYA|DutaIndonesia.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah punya cara tersendiri dalam membangun ukhuwah keakraban dan kekompakan lahir dan batin di jajaran Kepala OPD Pemprov Jawa Timur.

Upaya itu diwujudkan Gubernur Khofifah dengan menggelar Salat Qiyamul Lail berjamaah yang kemudian dilanjutkan dengan Lomba Memasak Berbahan Dasar Bandeng Gresik, di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (30/4/2022) dini hari.

Balutan rangkaian kegiatan tersebut sukses membuat jalinan ukhuwah kekeluargaan yang erat terjalin diantara para kepala OPD Pemprov Jatim.

Untuk Qiyamul Lail berjamaah, Kepala Dinas Sosial Jatim Alwi mendapat amanah khusus untuk menjadi imam. Rangkaian salat malam berjamaah tersebut diharapkan menjadi penguat sambung rasa dan sambung batin diantara seluruh jajaran kepala OPD agar kian tersatukan niatnya dalam menjalankan tugas memberi layanan terbaik bagi warga Jatim.

“Ini adalah upaya kita mengetuk pintu langitnya Allah agar kita semua diberikan semangat yang sama dalam menjalankan tugas, agar bisa membawa kesejahteraan dan keberkahan bagi warga Jatim,” ucap Gubernur Khofifah.

Setelah Qiyamul Lail rampung, barulah Gubernur Khofifah mengajak para kepala OPD menuju Gazebo Grahadi untuk menerima tantangan dalam Lomba Masak Berbahan Dasar Bandeng Gresik.

Bak kontes masak betulan, para kepala OPD pun dibagi menjadi tim dan ditantang untuk menyajikan menu terbaik untuk disantap sebagai menu sahur hari ini.

Para kepala OPD itu pun otomatis alih profesi menjadi koki handal. Para kepala OPD yang laki-laki tak mau kalah dengan yang perempuan dalam mengolah bumbu masakan.

Bandeng Gresik mulai diolah menjadi berbagai menu yang bervariasi. Ada yang berkreasi membuat lodeh bandeng, asem-asem bandeng, bandeng woku, hingga bandeng yang digoreng dengan sambal terasi. Bahkan ada yang memasak bandeng dengan olahan masakan khas Makassar.

Selama lomba berjalan, Gubernur Khofifah bersama Wagub Emil Dardak berkeliling meninjau masakan di tiap-tiap kepala OPD.

“Bandengnya dimasak apa ini pak? Dari aromanya tercium wangi yang sedap,” tanya gubernur Khofifah kepada salah satu Kepala OPD Jatim sambil tersenyum.

Gubernur Khofifah mengatakan bahwasanya kegiatan ini dilakukan untuk berbagi keceriaan di bulan suci ramadhan yang sudah mencapai ujungnya. Selain itu juga dilakukan untuk mempererat keguyuban dengan para Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim.

“Para kepala OPD memasak Ikan Bandeng yang saya beli kemarin sore di Festival Bandeng di Gresik. Lomba ini memang sengaja kita gelar untuk kemudian disantap bersama-sama sebagai menu utama sahur. Tujuannya ya ingin supaya kita semakin guyub, akrab dan kompak,” ungkap orang nomor satu di Jatim.

Total, ada 24 menu masakan hasil racikan kepala dinas Pemprov Jatim. Untuk menentukan pemenang, Gubernur Khofifah menunjuk empat wartawan menjadi juri.

“Tujuannya, menilai cita rasa masakan para kepala dinas dalam mengolah Ikan Bandeng,” tuturnya.

Ada tiga kategori penilaian, yakni rasa, penyajian, dan proses memasak. Dari hasil penilaian dewan juri, terpilih enam pemenang dengan berbagai macam kategori.

Kategori masakan terniat diraih pasangan Direktur Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) dr. Kohar Hari Santoso dan Inspektur Provinsi Jatim, Helmy Perdana Putera. Kemudian, plating terindah diraih Kepala BPSDM Jatim Aries Agung Paewai yang berpasangan dengan Kepala Biro Administrasi Pembangunan.

Kategori rasa enak dan menu berbeda sendiri diraih Kepala ESDM Jatim, Nurkholis. Lalu, kategori masakan terpedas diraih Kepala Bakorwil Bojonegoro, Agung Subagyo.

Sedangkan untuk kategori penyajian asem-asem bandeng terbaik diraih pasangan Dirut RSUD Haji Dr Herlin dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Jatim, Tiat Suwardi. Terakhir, kategori penyajian paling simpel diraih Kepala Bapenda Jatim, Abimanyu.

Masing-masing pemenang mendapat hadiah peralatan masak. Hadiah secara langsung diserahkan Gubernur Khofifah dan Wagub Emil.

Meski telah bersaing ketat dalam lomba memasak, tak mengurangi rasa guyup diantara jajaran Kepala OPD Pemprov Jatim. Justru menambah suasana hangat saat seluruh pejabat Pemprov Jatim tersebut menikmati santapan sahur.

“Ini adalah kebersamaan yang indah. Yang semoga terus terjalin diantara kita semua demi mewujudkan Jatim yang semakin Cettar,” pungkas Gubernur Khofifah. (gas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.