Mengajarkan Kepedulian Sosial Lewat Berkurban

oleh
Kurban di Manbaul Ulum malang
Suasana penyembelihan hewan kurban di Ponpes Manbaul Ulum Malang.

MALANG| DutaIndonesia.com – Rumah Sedekah Nahdhotul Ulama’ dan Pondok Pesantren Manbaul Ulum Malang, menggelar penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban di Kompleks Pesantren, dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 H. Total ada dua ekor sapi dan 6 ekor kambing kurban serta dua ekor kambing dalam bentuk sedekah.

Acara tersebut telah menjadi tradisi tahunan di pondok pesantren tersebut bersama masyarakat, mitra Rumah SedekahNU, dan para santri.

Dengan semangat kebersamaan dan rasa syukur, para santri dan warga sekitar bersama-sama membantu dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

Acara ini menurut KH Noor Shodiq Askandar (Gus Shodiq), pengasuh Pondok Pesantren Manbaul Ulum Malang, di samping sebagai proses ibadah, juga dalam rangka menumbuhkan empati sosial bagi para santri, dan proses pembelajaran tentang manajemen pengelolaan dan pendistribusian daging kurban yang baik. Dengan demikian, saat pulang dan bermasyarakat, mereka bisa menjadi bagian langsung dalam kegiatan yang ada di masyarakat.

Kegiatan dalam rangkaian Idul Adha di Pondok Pesantren Manbaul Ulum ini di samping dihadiri langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren yaitu KH Noor Shodiq Askandar, juga beberapa mitra Rumah Sedekah dari berbagai daerah di Jawa Timur bersama masyarakat sekitar pesantren.

Gus Shodiq
Gus Shodiq saat menghadiri penyembelihan hewan kurban.

Dalam pernyataannya Gus Shodiq mengatakan, “Pertama, kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi semua pihak yang mempercayakan kami untuk mengelola hewan kurban ini dan nanti akan didistribusikan kepada mereka yang berhak. Kedua, kami berharap bahwa kepercayaan ini terus berlanjut sehingga kegiatan yang bersifat religius dan sosial ini bisa berjalan dengan baik dan bisa istiqomah kita lakukan dan ini menjadi bagian dari fungsi sosial kita berada di masyarakat. Ketiga, hal yang terkait dengan penyembelihan ini kami akan berusaha untuk dilakukan berdasarkan syariat Islam dan nanti kemudian distribusinya kita arahkan kepada kerabat, fuqara’ masakin, lembaga sosial, pesantren, Panti Asuhan, dan masyarakat yang membutuhkan.”

Ketua panitia, Agus Supeno yang juga Ketua Harian Rumah Sedekah NU, menambahkan, “Kami berterima kasih kepada seluruh mitra Rumah Sedekah NU dan segenap masyarakat yang telah mempercayakan kurban kepada kami, semoga semuanya diterima di sisi Allah SWT. Allahu akbar.”

Keberadaan mereka dalam acara tersebut menambah semarak dan rasa kebersamaan dalam perayaan yang penuh makna ini.

Selain itu, Kepala Pengurus Pondok Pesantren Manbaul Ulum Mirza Nauval, dalam pernyataannya mengatakan, “Kami sangat bersyukur dapat menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban ini dengan lancar. Ini adalah momen yang membawa sukacita bagi kami semua. Selain memenuhi amanat dari para donatur, kami juga berharap dapat berbagi kebahagiaan dengan masyarakat sekitar yang membutuhkan melalui pembagian daging kurban ini.”

Penyembelihan hewan kurban di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Malang hari ini adalah contoh nyata bagaimana nilai-nilai persaudaraan, kebersamaan, dan kepedulian terhadap sesama dapat dihayati dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam semangat Hari Raya Idul Adha ini, mari kita sama-sama merenungkan makna dari ibadah kurban yang mana itu menumbuhkan sifat kebersamaan, pengorbanan, dan kepedulian terhadap sesama, serta berbagi kebahagiaan dengan mereka yang membutuhkan. (gas)

No More Posts Available.

No more pages to load.