Polisi Jaga Ketat Pilkades 149 Desa di Bangkalan

oleh
Kapolres Bangkalan, AKBP Febri Isman Jaya, (Foto: maduraindepth)

BANGKALAN| DutaIndonesia.com – Sebanyak 149 desa di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahap 2 serentak pada Rabu (10/5/2023) besok. Suasana pilkades yang sempat diwarnai konflik antar-pendukung calon kepala desa membuat pesta demokrasi di tingkat desa kali ini dijaga sangat ketat.

Untuk itu Polres Bangkalan menerjunkan 4 ribu personel guna menjaga agar pilkades aman lancar dan kondusif mengingat sebelumnya terjadi konflik antar-pendukung calon kepala desa di mana sempat terjadi warga bercelurit melabrak Kantor Camat di Bangkalan gegara salah paham terkait Pilkades.

Selain itu sempat pula terjadi aksi pembacokan yang menwaskan dua orang. Dalam kasus ini Polres Bangkalan menetapkan seorang kepala desa berinisial G (47) sebagai tersangka kasus pembacokan tersebut.

G sebagai petahana diduga sebagai otak pelaku utama diduga tidak ingin ada dukungan calon kades lain di desanya. G sendiri adalah kepala desa petahana di Desa Bulung, Kecamatan Klampis.

Guna mengantisipasi terjadinya konflik pilkades, ribuan personel gabungan dari Polda Jatim dan Polres Bangkalan pun diterjunkan ke lokasi yang rawan gesekan antar pendukung calon kades.

“Sebanyak 4 ribu personel yang akan mengamankan pelaksanaan pilkades. Itu gabungan dari Polda Jatim dan Polres Bangkalan,” kata Kapolres Bangkalan, AKBP Febri Isman Jaya, Senin (8/5/2023).

Febri mengatakan, saat ini personel Brimob melakukan patroli untuk memetakan daerah zona merah yang membutuhkan pengamanan lebih ketat. Sebab terdapat beberapa desa berkonflik hingga menyebabkan 2 korban meninggal dunia. “Masih patroli sekaligus memetakan desa mana saja yang perlu pengamanan lebih. Tentu akan disiapkan personelnya nanti,” katanya seperti dikutip dari detik.com.

Sebelumnya, 117 desa di Bangkalan sudah melakukan pilkades gelombang pertama pada 2 Mei 2021. Selama proses pelaksanaan pilkades tahap 2 polisi melakukan apel persiapan pengamanan Senin (8/5/2023) sore.

Ketua Asosiasi Kepala Desa Jawa Timur (AKD Jatim), yang juga salah seorang calon kepala desa, Haji Munawar S.IP, kepada DutaIndonesia.com mengatakan, sebagai incumbent dirinya selalu menjaga suasana aman dan kondusif di wilayah desanya, yakni Desa Rosep Kecamatan Blega. Sebelumnya Haji Munawar juga berharap agar jajaran kepolisian di bawah pimpinan Kapolres AKBP Febri Isman Jaya bisa menghadirkan suasana kondusifitas kamtibmas di wilayah Bangkalan khususnya pada momentum pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak kali ini.

“Harapan kami Pilkades serentak yang akan dilaksanakan hari Rabu tanggal 10 Mei tahun 2023 berjalan secara damai dan kondusif,” kata Haji Munawar saat menanggapi sertijab Kapolres Bangkalan dari AKBP Wiwit Ari Wibisono kepada AKBP Febri Isman Jaya. (gas)

No More Posts Available.

No more pages to load.