Serahkan SK Tambahan Masa Jabatan, Masrukin Berharap Kades Tidak Bereuforia

oleh

 

 

PAMEKASAN| DutaIndonesia.com –Pj Bupati Pamekasan Masrukin S Sos MSi, Rabu (26/6/2024) melakukan pengukuhan dan penyerahan Surat Keputusan (SK) Bupati Pamekasan tentang perpanjangan masa jabatan Kepala Desa dari enam tahun menjadi 8 tahun, kepada 159 Kepala Desa se Pamekasan.

Acara penyerahan dilakukan di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, dihadiri oleh anggota Forkopimda Pamekasan lengkap, para pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemkab Pamekasan, Camat dan Forkopimka serta 159 Kepala Desa penerima SK se Kabupaten Pamekasan.

Masrukin dalam sambutannya mengungkapkan turunnya SK perpanjangan masa jabatan kepala desa merupakan hasil perjuangan luar biasa panjang dari para kepala desa. Setelah pemerintah menyetujui akhirnya keluarlah perpanjangan jabatan kepala desa dari enam tahun menjadi delapan.

“Ini hasil perjuangan yang panjang tidak kaleng kaleng, tidak gampang. Tentu saja semua elemen ikut mendukung begitu juga dengan pihak wakil rakyat. Alhamdulillah pemerintah pusat setuju masa jabatan kepala desa seluruh Indonesia ditambah,” kata Masrukin.

Pada aspek tertentu, kata Masrukin, tambahan masa jabatan selama dua tahun ini mungkin bisa menjadi rejeki, karena ini hasil perjuangan. Karena itu dia mengharapkan agar para kepala desa menjadwal ulang semua persiapan dan program kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Dan tentunya untuk wilayah kabupaten, bantuan Bapak Dandim, Kapolres dan Forkopimda lainnya, pendampingan bagi para kepala desa kami ucapkan terimakasih. Sekali lagi dengan ini kontribusi dan kinerja pak klebun jadi naik dan semua aspek akan bisa diselesaikan,” ungkapnya.

Selama tambahan dua tahun masa jabatan, kata Masrukin, para Kepala Desa sudah harus menambahi layanan ke masyarakat, nambahi waktu, dan rancangan pembangunan desanya juga harus dijadwalkan ulang. Dari enam tahun menjadi delapan tahun, butuh koordinasi yang mantap, butuh keikhlasan menata ulang.

“Diperbaiki yang sudah baik, layani semuanya dengan sepenuh hati, karena ini waktunya Pak klebun untuk berbakti. Ini kesempatan. Roda pemerintahan sudah harus mulai difungsikan, tidak hanya melayani tapi pak klebun siang hari balai desa harus beroperasi. Karena pak klebun ini kantornya di semua wilayah, di café dimana mana kantornya pak klebun,” tuturnya.

Tambahan dua tahun, lanjut Masrukin, dimaksudkan supaya Kepala Desa lebih leluasa memajukan desa. Tidak dikejar kejar utang yang belum lunas. Karena itu rencana ulang harus disiapkan. Lakukan koordinasi yang mantap antar klebun dan pemerintah pusat, juga layanan berbasis data. Kini sudah ada beberapa desa layanan itu cukup pake HP.

“Sekali lagi terimakasih jerih payah Pak Klebun, mengubah Undang Undang, kalo pak Klebun tidak ke Jakarta, maka tidak secepat ini. Saya titip jangan terlalu bereuforia, kerja seperti biasa. 159 Klebun harus sering bertatap muka, mari berikhitar menjaga suasana dan memajukan Pamekasan, “ pungkasnya. (mas)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.