Awas! Jalan Favorit Menuju Sejumlah Wisata di Magetan Longsor

oleh

MAGETAN|DutaIndonesia.com – Cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang akhir akhir ini tidak hanya membuat sejumlah pohon tumbang. Namun juga mengakibatkan sejumlah badan jalan longsor. Terparah pada sepanjang jalur wisata di Kecamatan Parang – Poncol, tepatnya di Dusun Dali Kelurahan Alastuwo Kecamatan Poncol. 

Jalan ini merupakan jalur favorit bagi para wisatawan dari Kabupaten Ponorogo dan Pacitan menuju sejumlah obyek wisata di Magetan. Badan jalan mengalami longsor kurang lebih sepanjang 10 meter hingga membuat badan jalan menjadi sempit. Kendaraan roda empat harus bergantian bila lewat jalan tersebut. 

” Longsor pada saat hujan deras kemaren mas, memang beberapa hari lalu Kecamatan Poncol diterjang hujan deras sehingga air hujan mengikis badan jalan kemudian sebagian longsor,” kata Yadi warga setempat, Minggu (31/10/2021). 

Pasca longsor, lajutnya, Dinas PUPR saat ini sebatas memasang drum- drum penanda dan pembatas longsor. Bila hujan lebat kembali terjadi dipastikan badan jalan akan kembali tergerus dan longsor lagi. 

” Ada puluhan titik longsor sepanjang jalan ini, terparah ya pada dusun Dali ini. Ya bila hujan kembali turun dimungkinkan longsor masih akan terjadi,” jelasnya. 

Seperti diketahui, jalan ini menjadi jalan alternatif bagi wisatawan luar daerah menuju  wisata di Magetan. Seperti Taman Wisata Genilangit, Bumi Perkemahan hingga Telaga Sarangan. 

” Selain ancaman longsor, pada saat malam hari minim penerangan sehingga jalan gelap. Jika kurang hati hati pengendara bisa celaka,” ungkapnya.

Ia dan warga setempat berharap badan jalan yang longsor tersebut secepatnya diperbaiki. Bila tidak longsor akan semakin parah karena diguyur hujan terus menerus pada musim hujan ini. (nto/ndc)