Jokowi Restui Gibran, soal Cawapres Prabowo Tanyakan Koalisi Indonesia Maju

oleh
Jokowi apel hari santri

 

SURABAYA| DutaIndonesia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab pertanyaan soal putranya Gibran Rakabuming Raka yang diusulkan oleh Partai Golkar menjadi cawapres 2024, di sela-sela membuka Apel Hari Santri 2023 di Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (22/10/2023) pagi. Acara tersebut juga dihadiri Ketua DPR Puan Maharani hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga capres Koalisi Indonesia maju.

Saat ditanya wartawan Jokowi mengatakan sebagai orang tua dia hanya mendoakan dan merestui Gibran maju jadi cawapres. “Ya orang tua itu hanya tugasnya mendoakan dan merestui, keputusan semuanya karena sudah dewasa, jangan terlalu mencampuri urusan yang sudah diputuskan anak-anak kita,” kata Jokowi, seperti dipantau dalam akun YouTube Setpres, Minggu (22/10/2023).

Jokowi juga ditanya apakah cocok Gibran menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto. Jokowi mengatakan semua pasangan Pilpres 2024 cocok.

“Semuanya cocok, Pak Anies-Cak Imin cocok, Pak Ganjar dengan Pak Mahfud cocok, Pak Prabowo juga cocok,” kata Jokowi.

“Mas Gibran?” tanya wartawan lagi.

“Tanyakan ke Koalisi,” jawab Jokowi singkat.

Jokowi juga mengatakan baru-baru ini dia memang bertemu dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta. Jokowi menyebut pertemuan itu tidak ada urusannya dengan hasil Rapimnas Golkar yang mengusung putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres 2024. “Rapimnas Golkar itu urusannya Golkar, urusannya apa melaporkan pada presiden,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan pertemuan dengan Prabowo terkait tugas menteri yang melaporkan ke presiden. Jokowi menyebut sudah satu pekan tidak bertemu dengan Prabowo.

“Ya kan sudah satu minggu nggak ketemu, biasanya laporan-laporan di hari Sabtu, Minggu, biasa kita dengan menteri ketemu, laporan,” ujarnya.

Jokowi mengaku tidak mengintervensi anaknya yakni Gibran Rakabuming Raka yang diusung Partai Golkar menjadi cawapres untuk mendampingi Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden 2024. “Tanyakan kepada partai politik. Itu wilayahnya partai politik atau koalisi partai politik, atau gabungan partai politik. Bukan urusan Presiden,” katanya.

Jokowi juga menjawab Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang sempat mengaku ingin tahun apakah Presiden masih mendukung pasangan PDIP, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

“Dukung semuanya untuk kebaikan negara ini,” kata Jokowi usai acara Hari Santri 2023 di Surabaya, Jawa Timur.

Wartawan kemudian menanyakan ulang maksud pernyataan Jokowi. Jokowi menegaskan kembali jawabannya. “Dukung semuanya untuk kebaikan negara ini,” kata Jokowi menjawab apakah berarti dia mendukung Ganjar, Prabowo Subianto, dan juga Anies Baswedan.

Sebelumnya, Puan Maharani mengaku juga ingin tahu apakah Jokowi masih mendukung Ganjar Pranowo pasca Menko Polhukam Mahfud MD dideklarasikan sebagai cawapres.

“Pertanyaannya harus ditanyakan Pak Jokowi bukan ke saya, jadi nanti ditanyakan ke Presiden kalau udah pulang masih dukung Pak Ganjar Pranowo atau punya pilihan lain,” kata Puan di DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10). Puan menjawab soal arah dukungan Jokowi sekarang.

Puan mengaku tidak tahu ke mana Jokowi akan melabuhkan dukungan. Dia juga mengaku ingin tahu hal tersebut. “Tolong ditanyakan, saya juga mau tanya jawabannya,” katanya. (det/l6)

No More Posts Available.

No more pages to load.