Tahu di Tiktok, Yora Siswa SMA Muhammadiyah 10 GKB Terpilih Ikut Pertukaran Pelajar ke Turki

oleh


GRESIK|DutaIndonesia.com – Kisah inspiratif datang dari salah satu siswa di Gresik yakni Yoraisa Ghani Setiawan. Perempuan yang akrab disapa Yora ini terpilih dalam ajang pertukaran siswa di ajang Youth Break The Bounderies di Istanbul Turki.

Siswa SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik ini menceritakan awal mula terpilih sebagai delegasi Indonesia dalam ajang internasional itu. Awalnya dia tahu dari media sosial Tiktok.Kemudian, dia mendaftarkan diri.

“Jadi itu awalnya saya tahu di Tiktok , kok tertarik sama event-nya, akhirnya nyoba ikut, awalnya diam-diam ikut bahkan pendaftarannya bayar sendiri, tanpa sepengetahuan orang tua,” katanya pada Jumat (26/11/2021).

Setelah mendaftar, Yora mengaku ada berbagai tahapan yakni membuat essay dengan 5 tema pilihan. Kemudian, dia memilih tema ‘Public Health’ sesuai hasil konsul dengan guru di sekolah.

“Selain bikin essay, peserta juga diminta untuk ngumpulin CV. Setelah itu nunggu beberapa minggu, pengumuman dan lolos, orang tua pun mendukung,” terangnya.

Untuk teknis pemberangkatan, siswa delegasi dari seluruh Indonesia berkumpul serta diwajibkan membuat project. Karena kegiatan dilaksanakan pada Februari 2022, dia bersama tim masih melakukan pembahasan projek yang bakal dipresentasikan.

“Nanti acaranya semacam konferensi internasional yang diikuti oleh siswa siswi dan pembicara dari berbagai negara. Juga akan membahas tentang isu dunia. Nanti setiap kelompok mempresentasikan projeknya,” terangnya.

Melalui even ini, Yora berharap bisa membanggakan sekolah serta membawa harum nama Gresik di ajang bergengsi ini. “Semoga bisa nambah relasi, pengetahuan, dan ngincar sertifikat. Pasti banyak motivator,” tambah dia.

Sementara itu, Kepala SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik Hari Widianto mengatakan, pihaknya mendukung siswanya agar terus berprestasi di segala bidang. Baik formal maupun non formal.

“Kami sangat bangga atas prestasi yang telah diraih oleh ananda Yoraisa siswa Smamio yang terpilih dalam kegiatan student exchange di International Fatih Sultan Mehmet Turkey,” katanya.

Langkah Yoraisa ini, tambah Hari, bisa memacu siswa lain untuk berprestasi. Hal ini juga sejalan dengan visi sekolah internasional yang digagas Smamio.

“Kami akan memberikan dukungan moral dan akan selalu mendampingi ananda sampai dengan sukses melaksanakan kegiatan pertukaran pelajar ini,” ucapnya. (sal)

No More Posts Available.

No more pages to load.