Tim Medis Pertamina Patra Niaga Berikan Pemeriksaan Kesehatan Masyarakat Terdampak di Tuban

oleh

 

TUBAN| DutaIndonesia.com – Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus memberikan layanan kesehatan untuk masyarakat terdampak insiden luberan minyak di Fuel Terminal/Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Tuban beberapa waktu lalu di desa Tasikoharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Tim Medis Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus bersama dengan petugas kesehatan dari Puskemas Jenu melakukan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat yang terdampak di sekitar area TBBM Tuban bertempat di Balai Desa Tasikharjo, Rabu (26/6/2024).

Area Manager Communication Relation Pertamina Patra Niaga regional Jatimbalinus Ahad Rahedi menyampaikan layanan kesehatan ini untuk memastikan warga mendapatkan pemeriksaan medis yang terbaik.

“Pertamina Patra Niaga akan terus berupaya memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat terdampak dan memastikan semuanya dalam kondisi sehat baik secara fisik maupun psikologisnya,” ujar Ahad dikutip dari siaran persnya, Kamis (27/6/2024).

Pada kegiatan layanan pemeriksaan kesehatan tersebut Pertamina bekerjasama dengan tim medis dari Puskemas Jenu menyediakan 17 tenaga medis, terdiri dokter, perawat dan apoteker yang siap memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat. Selain itu, Pertamina telah menyalurkan berbagai macam obat-obatan sesuai dengan keluhan dari warga.

”Pelayanan kepada warga merupakan prioritas kami untuk memastikan semuanya dalam kondisi baik. Kami berharap dengan pelayanan kesehatan ini warga dapat memanfaatkan untuk memeriksakan kesehatan dan menyampaikan gejala-gejala kesehatan yang dialaminya,” pungkas Ahad.

Sebelumnya Tim Medical Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus telah melakukan pelayanan kesehatan juga kepada sejumlah 200-an warga desa Tasikharjo pada 22 Juni lalu. Bertempat di rumah bapak Darno mantan kepala desa Tasikharjo, pada kegiatan tersebut Tim Medical memberikan pengobatan gratis dan pemeriksaan kesehatan yang meliputi vital sign seperti tensi, nadi, suhu serta pemeriksaan gula darah dan apabila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan lanjutan hingga pemberian obat.

Adapun kegiatan layanan pemeriksaan kesehatan lanjutan yang diadakan Rabu kemarin bertempat di Balai Desa Tasikharjo dengan jumlah warga yang mendapatkan layanan kesehatan sekitar 180 orang.

Menurut dr Rachmad Ramadhanul Karim atau yang biasa disapa dengan dr Rama, salah satu anggota tim dokter dari Medical Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus yang bertugas melayani di Balai Desa Tasikharjo, berdasarkan hasil pemeriksaan mayoritas warga Desa Tasikharjo yang datang berobat mengeluhkan masalah batuk pilek, pegel linu, sakit lambung, sariawan, sakit mata, darah tinggi serta diabetes, secara umum hasil pemeriksaan kesehatan warga terpantau cukup baik.

”Mayoritas masyarakat yang datang berobat mengeluhkan masalah batuk pilek, pegel linu, sakit lambung, sariawan, sakit mata, darah tinggi serta diabetes, hanya sedikit keluhan yang berhubungan dengan saluran pernapasan,” terang dr Rama.

Pasca insiden luberan minyak di TBBM Tuban, Pertamina Patra Niaga bergerak cepat menangani warga Desa Tasikharjo yang terdampak khususnya dalam antisipasi kesehatan warga. Pelayanan kesehatan yang diberikan Pertamina untuk memastikan masyarakat terdampak mendapatkan pelayanan medis yang baik. Bersama dengan tim dari Puskesmas Jenu melaksanakan pemeriksaan bagi masyarakat di Balai Desa Tasikharjo dan memberikan obat-obatan sesuai kebutuhan warga.

“Keluhan warga sangat sedikit dari akibat insiden, Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar. Harapannya semoga seluruh warga selalu sehat,” tutur dr Rama.

Selain pengobatan on site, Tim Medical Pertamina Patra Niaga juga melakukan visit door to door atau home visit kepada warga yang tidak bisa datang ke lokasi untuk pengobatan. Hal ini dikarenakan warga tersebut telah lanjut usia atau kondisi yang tidak memungkinkan warga untuk datang. Pada layanan hari ini terdapat sekitar 10 orang warga yang mendapatkan pelayanan home visit dari Tim Medis Pertamina.

Salah satu warga dusun Awar-Awar desa Tasikharjo, Fahmi (19), berterima kasih kepada tim medis Pertamina di desanya. “Saya senang karena ada kepedulian Pertamina untuk warga terdampak di desa ini dan bisa sekalian berobat gratis di sini,” ujar Fahmi.

Hal yang sama dituturkan Siti Rukayah (63) salah satu warga yang mendapat layanan pemeriksaan hari ini.

“Alhamdulillah, Pertamina sudah mau membantu masyarakat di sini. Penanganannya juga bagus dan baik. Tadi saya juga diperiksa dan diberi obat,” ungkap wanita yang sehari- hari sebagai ibu rumah tangga.
Pertamina Patra Niaga memastikan penanganan kesehatan warga desa Tasikharjo tetap diperhatikan meskipun saat ini kegiatan warga telah berjalan normal.

”Ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada masyarakat yang terdampak, kami ingin pastikan kondisi masyarakat tetap sehat dan tidak ada kondisi gangguan kesehatan yang berkelanjutan,” tutup Ahad.

Pertamina Patra Niaga terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah mulai dari Camat, Kades dan instansi terkait lainnya di Tuban untuk memastikan seluruh kegiatan warga di desa Tasikharjo kembali berjalan normal.

Sebagai tindak lanjut tim Medical Pertamina akan terus melakukan evaluasi dan akselerasi pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang terdampak. Hal tersebut selaras dengan komitmen Pertamina untuk menjalankan tanggung jawab sosial dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. (tis*)

No More Posts Available.

No more pages to load.