Budayakan Bersepeda, Plossa Peduli Santri PP Zainul Hasan Genggong

oleh

PROBOLINGGO|DutaIndonesia.com- Para santri dan masyarakat di lingkungan pesantren bertekad melaksanakan hidup sehat. Hal itu dibuktikan dengan aktivitas para santri Pondok Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, yang selalu bersepeda saat berangkat ke sekolah. 

Bahkan, di PP yang didirikan KH Muhammad Hasan Sepuh (almaghfurlah) ini, diadakan serangkaian aktivitas sekaligus sebagai kampanye hidup sehat. Di antaranya, mengampanyekan pola hidup sehat dengan bersepeda, dengan acara Genggong Go Green (G3) Carnival. Agenda tahunan digelar pada Sabtu-Minggu 29-30 Januari 2022.

Dr. KH Moh. Harris Damanhuri, pimpinan PP Zainul Hasan menegaskan, pola hidup sehat harus terus dipraktikkan di lingkungan pesantren. Sehingga, para santri dan masyarakat sekitar mempunyai tingkat daya tahan tubuh yang baik. Apalagi saat pandemi Covid-19, hidup sehat dan menjaga kesehatan menjadi prioritas untuk bisa aman dari virus corona.

“Ya, selain menyehatkan, bersepeda juga berfungsi untuk memperlancar metabolisme tubuh. Sehingga lebih bugar dan segar. Alhamdulillah, dengan semangat berolah raga kita bisa menanggulangi Covid-19,” tutur Gus Haris, panggilan akrab putra Nyai Hj Susilowati Diana ini.

Dalam aktivitasnya, di Pondok Pesanten Zainul Hasan Genggong, kerap mengadakan kegiatan terkait kampanye sehat. Seperti ‘Genggong Bike Friday’. Menurutnya, sepeda menjadi salah satu piranti penting untuk menjalin silaturahmi. Baik antar sesama guru, kiai maupun dengan alumni.

Saat bersepeda pun, protokol kesehatan tetap dilaksanakan. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan cuci tangan. Melalui gerakan bersepeda ini pula, peserta gowes yang terdiri dari Gus-gus, kiai, guru dan komunitas lain, juga gencar mengajak serta masyarakat. Untuk sehat dengan gerakan bersepeda.

“Kami berharap, dengan aktivitas terkait kesehatan yang melibatkan para santri dan masyarakat disertai rasa optimistis. Sehingga ekonomi dan kehidupan bisa bangkit dan normal kembali,” tutur Gus Haris.

No More Posts Available.

No more pages to load.