Digelar Sabtu Besok, Inilah Lika -Liku Qatar dan Yordania Tembus Final Piala Asia 2023

oleh

 

JAKARTA| DutaIndonesia.com – Piala Asia 2023 Qatar akan memasuki fase babak final, tuan rumah Qatar dan Yordania akan berebut menempati posisi teratas sebagai Juara turnamen sepakbola bergengsi di Asia.

Perjalanan kedua tim untuk mencapai final memang tidak mudah, mereka harus berjuang melawan tim- tim besar. Seperti Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi dan Cina yang selalu tampil sebagai peserta yang kuat di kompetisi tersebut.

Keberhasilan dua negara asal Asia Barat ke partai puncak turnamen ini sangat mengejutkan publik bola Asia. Pasalnya, Qatar dan Yordania di atas kertas diprediksi hanya bertahan di babak 16 atau 8 besar.

Ternyata kedua kesebelasan ini mampu mengatasi step by step pertandingan hingga menembus final di kejuaraan yang digelar sejak 12 Januari 2024 lalu.

Lantas bagaimana perjalanan Qatar dan Yordania mampu menembus final Piala Asia 2023 ? Berikut ulasannya:

Seperti diketahui, Qatar sebagai tuan rumah berada di grup A bersama Tajikistan, Cina dan Lebanon. Di fase grup babak penyisihan Qatar keluar sebagai pemimpin klasemen dengan meraih nilai sempurna 9 poin.

Poin tersebut didapat dari hasil tiga laga yang dimainkan di babak penyisihan grup A. Seperti, saat melawan Lebanon, Qatar menang 3-0, kemudian melawan Tajikistan, Qatar juga menang dengan skor 1-0, dan terakhir Qatar berhasil menundukkan Cina dengan 1-0.

Di babak 16 besar Qatar sebagai pemimpin klasemen bertemu dengan Palestina yang berstatus sebagai peringkat tiga terbaik di grup C.

Dalam pertandingannya Qatar berhasil mengkandaskan Palestina dengan skor
2-1 sehingga Qatar lolos ke 8 besar.

Pada babak 8 besar Qatar bertemu dengan Uzbekistan yang dalam babak 16 besar berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 2-1. Saat pertandingan melawan Uzbekistan, Qatar menang secara dramatis melalui adu penalti setelah di laga normal dan perpanjangan waktu kedua kesebelasan bermain imbang 1-1.

Dalam adu pinalti Qatar berhasil membekuk Uzbekistan dengan skor akhir 3-2. Sehingga anak asuh Marquez Lopez ini berhasil melaju ke babak semifinal final Piala Asia 2023.

Di laga babak semifinal yang berlangsung Rabu malam (7/2/2024) di Stadion Al Thumama, Qatar berhasil mengalahkan kandidat juara Iran. Melalui pertandingan sengit tim tuan rumah akhirnya mampu menumbangkan Iran dengan skor 3-2.

Sementara, Yordania sebagai tim yang tidak diperhitungkan sebagai juara, secara mengejutkan tampil sebagai kuda hitam. Padahal, sebelumnya di klasemen akhir grup E, tim ini hanya bercokol sebagai peringkat tiga terbaik dengan mengoleksi 4 poin dari satu kali menang, satu kali seri dan satu kali kalah.

Di fase babak penyisihan grup E pada pertandingan pertama Yordania berhasil membungkam Malaysia dengan skor telak 4-1, kemudian di laga kedua Yordania bermain imbang 1-1 dengan Korea Selatan.. Selanjutnya pada laga terakhir melawan Bahrain Yordania kalah 1-0.

Keberuntungan berpihak kepada Yordania dengan tampil sebagai peringkat tiga terbaik, sehingga tim ini berhasil lolos ke 16 besar;. Di laga sistem gugur ini Yordania berhasil mengalahkan Irak dengan skor 3-2.

Kemenangan tersebut membawa anak asuh Hussien Ammouta melaju ke babak 8 besar Piala Asia 2023. Di babak perempat final Yordania mampu mengalahkan Tajikistan dengan skor tipis 1-0 dan berhak melaju kencang babak semifinal .

Di babak semifinal yang berlangsung pada Selasa malam (6/2/2024) tim berjuluk The Chivalrous ini dengan gemilang mampu mengkandaskan Korea Selatan yang merupakan salah satu kandidat juara, dengan skor 2-0.

Dengan kemenangan tersebut membawa Yordania melaju ke Final bersama tuan rumah Qatar yang akan berlangsung pada Sabtu (10/2/2024) sekaligus sebagai penutup Piala Asia 2023. (sir)

No More Posts Available.

No more pages to load.