Hongkong Mulai Dicekam Omicron

oleh
Ilustrasi Omicron (StockPhoto/CNNI).

HONGKONG|DutaIndonesia.com – Covid-19 varian baru Omicron menghantui warga Hongkong. Sejumlah tempat keramaian baik hiburan maupun pusat perbelanjaan dan kebugaran serta pacuan kuda ditutup untuk memutus rantai penyebaran Omicron.

Ketua PCI Muslimat NU Hongkong-Macau, Hj Siti Fatimah Angelia, saat dihubungi Kamis 6 Januari 2022 dini hari membenarkan sejumlah tempat akan ditutup mengantisipasi penyebaran Omicron

“Yang penting menerapkan protokol kesehatan dan jangan lengah. Jangan anggap remeh Omicron,” katanya.

Hong Kong Jockey Club (HKJC) misalnya baru saja mengumumkan bahwa masyarakat umum tidak akan diizinkan memasuki arena pacuan kuda mulai Rabu (5/1/2022) malam ini.

Chief Executive HKJC Mrs. Carrie Lam mengatakan ada perubahan dramatis dalam situasi covid di Hongkong dalam 24 jam terakhir. Dia pun mengadakan pertemuan darurat dengan pejabat Pemerintah Rabu  pagi  karena kita semua tahu seberapa cepat Omicron dapat mengirimkan ancaman bahaya.

“Dalam 24 jam terakhir, kemungkinan besar kita memiliki rantai transmisi tak terlihat yang terjadi di Hongkong.  Orang pertama melibatkan seorang pria yang tinggal di Tuen Mun yang tidak memiliki hubungan dengan siapa pun dari Cathay Pacific atau Festival Walk.  Yang kedua melibatkan kelompok menari dan kontak dekat mereka.  Beberapa dari kontak dekat ini pergi berlayar ke mana-mana dan kapal sekarang telah kembali ke pelabuhan dan semua orang perlu diuji,” katanya.

Dr. Chuang akan mengumumkan jumlah kasus baru Rabu sore waktu setempat.

Carrie mengatakan kita tahu dari data luar negeri bahwa Omicron sangat menular sehingga satu orang dapat menyebarkannya ke sebanyak 8-10 orang.

Sebagian besar penderita Omicron tidak mengetahui bahwa mereka adalah pembawa virus sehingga virus ini sangat mudah menyebar.

 Maka jumlah kasus positif dengan kedatangan Omicron ke Hongkong meningkat pesat.  Ini mulai menyebabkan tekanan pada sumber daya di daerah ini.

Dalam empat minggu terakhir ada sejumlah besar orang yang dites positif pada saat kedatangan dan jumlahnya semakin buruk dari hari ke hari.

Lalu 22 rute penerbangan telah dihentikan dan masih banyak yang harus dilakukan untuk mengurangi kasus impor sehingga kita tidak kewalahan.

Mulai  8 Januari  sampai sampai 21 Januari penumpang dari negara berikut tidak akan diizinkan di Hong Kong.  Mereka yang pernah ke negara-negara ini dalam 21 hari terakhir juga tidak akan diizinkan naik.  Ke-8 negara tersebut adalah Australia, Kanada, Prancis, India, Pakistan, Filipina, Inggris, dan Amerika Serikat. Sebagian besar kasus impor yang kami lihat berasal dari negara-negara ini,” katanya.

Jaga Jarak Sosial Baru

Kita perlu mengantisipasi hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada wabah massal di Hong Kong sehingga tindakan cepat sangat penting.

Misalnya semua acara besar akan dibatalkan. Makan di dalam restoran akan dilarang.

Bar, Karaoke, dan 15 jenis tempat lainnya perlu ditutup.  Sauna, Game Center, Klinik Kecantikan, Mahjong Parlors, Pools, dll semuanya akan ditutup.

Tidak ada kunjungan ke Rumah Sakit dan Rumah Perawatan. Tujuan pemerintah adalah mengendalikan penyebaran virus secepat mungkin dengan kerjasama masyarakat. (gas)

No More Posts Available.

No more pages to load.