Hujan Lebat Jember Akibatkan Longsor dan Rendam Rumah Warga

oleh


JEMBER|DutaIndonesia.com  – Intensitas hujan lebat sejak Rabu (10/11/2021) siang yang mengguyur wilayah kecamatan Tanggul, Semboro dan Sumberbaru menyebabkan luapan air di beberapa titik. 

Sungai yang membujur sepanjang Desa Pondok Joyo Kecamatan Semboro ke arah Paseban Kecamatan Kencong Kab. Jember meluap luar biasa hingga menggenangi rumah warga yang bermukim di Dusun Songon dan Pondok Rampal. Bahkan disekitar dusun Pondok Rampal semalam genangan air didalam hingga mencapai pinggang orang dewasa. 

Selain genangan yang menyebabkan banyak rumah terendam, Desa Manggisan Tanggul juga mengalami hal sama, luapan air hujan yang tidak tertampung oleh aliran sungai akhirnya menggenangi Gedung SMP 1 Islam hingga ketinggian 40 Cm dan satu titik longsor terjadi di Desa Kramat Sukoharjo Tanggul menyebabkan kerusakan rumah warga sekitar. Longsor juga terjadi di jalan menuju area wisata Gunung Gambir.

Informasi yang didapat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember menyebutkan, rumah terendam air sedikitnya ada 75 rumah warga dusun Pondok Rampal, 475 rumah dan satu Musholla terendam di dusun Songon Desa Pondok Joyo Kecamatan Semboro. Sementara disekitar Kawasan Kecamatan Semboro, dilaporkan sekitar 15 Rumah Dusun Krajan juga tergenang air hingga 40 Cm. 

“Warga terdampak banjir sejak tadi malam diungsikan ke tempat aman yaitu balai Desa Pondok Joyo,” ujar Sekretaris BPBD Jember, Heru Widagdo kepada awak media, Kamis (11/11/2021) siang disela acara penyerahan bantuan logistik bagi warga terdampak dan mendirikan dapur mandiri.

Heru meminta agar masyarakat tetap mengedepankan kewaspadaan dan kesigapan tehadap ancama banjir yang lebh banyak disebabkan intensitas hujan yang cenderung lebat dengan durasi relatif lama.

 “Yang harus diwaspadai adalah sekitar Sumberagung, Sumberbaru karena air mulai naik disana,” ujarnya memberikan himbauan.

(Ahmad Hasan Halim)

No More Posts Available.

No more pages to load.