ID SEED Dorong UMKM Menembus Pasar Korea Selatan

oleh


JAKARTA | DutaIndonesia.com – Para diaspora Indonesia di Korea Selatan menggelar webinar bertajuk Strategi Pengembangan Produk UMKM Indonesia berorientasi ekspor ke Korea Selatan Sabtu, 26 Juni 2021 sore. Webinar ini, menurut Ira Damayanti, Ketua Umum ID SEED (Indonesia Diaspora SME Export Empowerment Development) yang juga Direktur SME Export IDN-U, bertujuan membantu program pemerintah dalam meningkatkan volume ekspor produk-produk unggulan Indonesia dan memberikan gambaran mengenai peluang perdagangan antara Indonesia dan Korea bagi semua WNI sebagai pelaku ekspor dan impor. Webinar yang digelar diaspora Indonesia di Korea ini digelar online dan terbuka untuk umum.

Para narasumber yang tampil adalah Ira Damayanti sendiri, Reandhy Putera Dharmawan (Director of ‚ÄčIndonesian Trade Promotion Center Busan–ITPC), Tengku Irham (Direktur Skytrade Goorita), Julio (CEO dan Founder Komunitas Bisa Ekspor), Dimas Harris Sean Keefe (Presiden Perhimpunan Pelajar Indonesia di Korea Selatan) dan Roni Rahman (Representatif IDN-U Chapter Korea) sebagai moderator.

Ira Damayanti sendiri selaku Ketua Umum ID SEED (Indonesia Diaspora SME Export Empowerment Development) sudah banyak membantu UMKM di Indonesia untuk mengembangkan pasar dan menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, khususnya swasta dan BUMN. Salah satunya dengan Pertamina.

Misalnya dia terlibat dalam Pertamina SMEXPO 2020 yang berhasil membuka akses pasar untuk UMKM Indonesia. Mitra Binaan Pertamina yang menjadi peserta dalam ajang itu mencatatkan potensi transaksi hingga Rp 9,3 miliar baik dari transaksi ritel dan forum bisnis.