PAN Sodorkan Soetrisno Bachir, Jokowi Reshuffle Kabinet Lagi?

oleh
Soetrisno Bachir (tempo.co)

JAKARTA|DutaIndonesia.com – Isu reshuffle kabinet mencuat lagi setelah Partai Amanat Nasional (PAN) bergabung ke Kabinet Indonesia Maju sekaligus mengajukan kadernya, Soetrisno Bachir (SB), masuk jajaran kabinet. Selain itu juga mencuat siapa yang akan mengisi posisi Juru Bicara Presiden setelah ditinggalkan Fadjroel Rachman menjadi Dubes Kazhakhstan dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun bulan depan. Spekulasi semakin menguat menjelang Rabu Pon yang disebut-sebut memiliki arti khusus bagi Presiden Jokowi.

Namun Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, menyatakan, tidak ada rencana kocok ulang atau reshuffle kabinet pada Rabu (3/11/2021) depan. Hari itu memang bertepatan dengan Rabu Pon pada penanggalan Jawa yang kerap kali digunakan sebagai momentum reshuffle kabinet oleh Presiden Jokowi.

Heru mengatakan Jokowi masih dalam rangkaian perjalanan ke luar negeri, yakni Italia, Skotlandia, dan Uni Emirate Arab, mulai akhir pekan ini hingga 5 November. “Tidak. Tanggal 5 (November) tiba di Tanah Air,” kata Heru lewat pesan singkatnya, Rabu (27/10/2021), soal potensi reshuffle pada Rabu Pon 3 November tersebut.

Jokowi akan memulai tur ke luar negeri pada 30-31 Oktober dengan menyambangi Roma, Italia. Kepala Negara dijadwalkan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (G20). Setelah itu, Jokowi bertolak ke Glasgow, Skotlandia. Mantan Walikota Solo itu akan menghadiri KTT Perubahan Iklim atau COP26 World Leaders Summit pada 1-2 November.

Rangkaian tur Jokowi selanjutnya adalah Uni Emirat Arab untuk bertemu dengan putra mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed (MBZ). Dia juga diagendakan bertemu dengan Emir Dubai Mohammed bin Rashid (MBR) di Dubai dan sejumlah pengusaha. Setibanya di Jakarta, Jokowi tidak akan langsung banyak beraktivitas. Heru menyampaikan bahwa Jokowi akan menjalani karantina sesuai protokol kesehatan perjalanan dari luar negeri.

Sebelumnya, spekulasi reshuffle kabinet menguat usai PAN bergabung dengan pemerintahan. Selain itu, suksesi kepemimpinan Panglima TNI juga jadi perhatian publik menjelang masa pensiun Marsekal Hadi Tjahjanto bulan depan. Untuk itu Rabu Pon selalu dikaitkan dengan reshuffle kabinet. Pasalnya, hari itu adalah hari pasaran atau hari baik Jokowi. Ia lahir di hari Rabu Pon dalam penanggalan Jawa.

No More Posts Available.

No more pages to load.