Suasana Memilukan Banyak Korban Erupsi Semeru Menjerit karena Luka Bakar

oleh
Tangkapan layar video viral warga panik berlarian menjauh dari letusan Gunung Semeru.

Korban erupsi Gunung Semeru membutuhkan pertolongan dan bantuan dari semua pihak, termasuk para masyarakat dermawan yang diharapkan membantu makanan, pakaian, tenda, obat-obatan, dan kebutuhan lain untuk para pengungsi dan korban luka bakar.

LUMAJANG|DutaIndonesia.com – Tim Evakuasi terus memberikan pertolongan terhadap warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Namun sejauh ini belum diketahui adanya korban meninggal dunia. Hanya saja suasana di lokasi bencana sangat memilukan. Sejumlah warga dilaporkan mengalami luka bakar. Warga yang mengalami luka bakar dibawa ke puskesmas terdekat. Salah satunya di Puskesmas Penanggal.

Suasana Puskesmas Penanggal di Kecamatan Candipuro pun berubah penuh duka. Puluhan warga membawa korban yang terluka bakar dengan sepeda motor atau kendaraan lain. Mereka ada yang menjerit kesakitan karena kulitnya melepuh terbakar awan panas Semeru. Para korban terus berdatangan. Para korban kebanyakan mengalami luka bakar di sekujur tubuh. Sementara kapasitas perawatan puskesmas overload.

“Lebih 10 pasien kami rawat. Kapasitasnya overload,” kata Kepala Puskesmas Penanggal Lumajang, dr Lya Aristini, seperti dikutip dari detikcom, Sabtu (4/12/2021) malam.

Dia mengaku pihaknya merawat pasien luka bakar baik kondisi berat atau ringan. Namun rata-rata kondisinya berat dan ada yang tidak sadarkan diri.

Tampak para korban luka bakar memakai infus dan dirawat apa adanya. Mereka dijaga keluarganya yang juga mengalami luka bakar. Kebanyakan para korban kulitnya melepuh dan memerah karena terkena awan panas.

Lya menambahkan luka bakar kebanyakan di area wajah. Sehingga memang dibutuhkan rujukan ke tempat fasilitas kesehatan. Diketahui korban luka bakar di bagian wajah dan dada rawan menyebabkan sesak napas dan mempengaruhi paru-paru.

“Kasusnya banyak luka bakar, parah, luasnya sangat luas, daerah wajah banyak. Jadi memang butuh rujukan. Sekujur tubuh,” ujarnya.

Sementara itu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjelaskan kondisi di daerah bencana erupsi Gunung Semeru Sabtu malam. BNP menjelaskan ada tiga lokasi pengungsian korban erupsi Gunung Semeru. Selain itu ada pula pengungsian sektoral di lapangan.

“Lokasi pengungsian yang saat ini sudah terisi di tiga desa dan di dua kecamatan,” kata Kepala BNPB, Mayor Jenderal TNI Suharyanto dalam konferensi pers yang disiarkan via kanal YouTube BNPB Indonesia, Sabtu (4/12/2021).

No More Posts Available.

No more pages to load.