Bangkitkan Gulat Pathol, Puluhan Nelayan Ikuti Kompetisi

oleh

TUBAN|DutaIndonesia.com – Sedikitnya 30 peserta mengikuti kompetisi gulat pathol yang digelar di pantai kelapa, Panyuran, Palang, Tuban, Sabtu (20/08/2022).

Gulat pathol yang merupakan olahraga tradisional masyarakat pesisir Tuban itu, menjadi perhatian wisatawan yang berkunjung ke pantai dan menjadi tontonan atau hiburan dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-77 RI.

Pipiet Wibawanto selaku panitia menyampaikan, gulat pathol sudah lama sekali tidak dipertontonkan. Padahal, gulat ini merupakan olahraga khas masyarakat nelayan utamanya pesisir Tuban.

“Dari situ kita panitia berinisiatif memunculkan kembali melalui kompetisi yang baru pertama kali dilaksanakan. Dan ternyata, masyarakat antusias mengikuti,” ucap wartawan Inews MNC Grup itu.

Sementara itu, Kabid Pariwisata pada Disbudporapar Tuban, Siti Umi Hanik mengapresiasi kegiatan tersebut. Selain uri-uri olahraga tradisional, dampaknya juga membangkitkan pariwisata, sebab dilaksanakan di tempat wisata.

“Harapannya ke depan bisa terus menerus jadi ajang tahunan. Karena ini masih pertama, harapan ke depan bisa lebih meriah lagi,” tutur Umi.

Senior Manager Of Corporate Communication PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Setiawan Prasetyo yang menonton langsung mengaku terhibur dan baru pertama melihat langsung gulat pathol. Baginya seni gulat ini lebih mengutamakan persaudaraan dan silaturahmi masyarakat nelayan.

“Meski bertanding dan berkompetisi dalam arena, mereka terlihat sportif dan rukun,” akunya.

Di tempat yang sama, sang juara pertama, Mualim mengaku senang bisa menjadi juara, sebab kegiatan gulat ini bertepatan dengan momen HUT RI.

Ia berpesan, gulat pathol merupakan warisan budaya, sehingga harus dimunculkan lagi agar dikenal generasi muda.

“Semoga tahun depan bisa digelar lagi dan lebih meriah,” ucap nelayan asal Panyuran itu. (hud)

No More Posts Available.

No more pages to load.