Baznas Serahkan Beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana

oleh

 

PAMEKASAN| DutaIndonesia.com – Baznas Pamekasan Jumat (5/1/2024) pagi lalu menyerahkan dana beasiswa pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam (STIDKI) Pamekasan. Beasiswa itu merupakan realisasi program beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) tahun 2023.

Penyerahan dilakukan di ruang pimpinan STIDKI, oleh Drs Masdawi Dahlan Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Pamekasan, didampingi oleh Moh Irfan MEI, staf amil bidang kesekretariatan. Acara penyerahan juga dihadiri sejumlah pimpinan di STIDKI Pamekasan.

Dalam sambutannya Masdawi Dahlan mengungkapkan program SKSS ini merupakan salah satu di antara program beasiswa yang menarik. Dalam program ini Baznas membayar semua biaya pendidikan hingga selesai. Besaran bantuan sesuai dengan biaya pendidikan perguruan tinggi tempat para mahasiswa itu menempuh studinya.

“Pensyaratan penerima beasiswa adalah berasal dari keluarga miskin. Namun yang paling penting dalam keluarga penerima itu tidak ada anak yang sudah menempuh studi di perguran tinggi. Makanya program ini dinamakan program beasiswa satu keluarga satu sarjana,” jelasnya.

Beasiswa SKSS itu hasil sinergi antara Baznas Pamekasan dengan Baznas Jawa Timur. Dana yang diberikan berasal dari Baznas Jatim, sedangkan Baznas Pamekasan bertugas untuk mencari dan menyeleksi mahasiswa calon penerimanya dan mengurus segala kepentingan administrasinya.

“Program ini digelar rutin. Tahun 2024 ini juga akan ada program SKSS Ini. Baznas Jatim kembali memberi jatah untuk 10 orang penerima bagi Baznas Pamekasan. Jatah ini juga diberikan merata untuk Baznas daerah lainnya di seluruh Jawa Timur,” ungkapnya.

Yang menarik, pada program SKSS tahun 2024 mendatang pemberian beasiswa diberikan mulai sejak semester satu. Berbeda dengan sebelumnya dimana bantuan diberikan mulai mahasiswa memasuki semester tiga. Selama tahun 2023 lalu jumlah mahasiswa penerima beasiswa program SKSS sebanyak orang. Mereka berasal dari berbagai perguruan tinggi di Pamekasan.

Selain menyerahkan bantuan beasiswa SKSS, pada sore harinya, Baznas Pamekasan juga menyerahkan bantuan pada Pak Murakip warga Desa Gendingan Kecamatan Galis. Dia mendapat musibah rumahnya terbakar pada akhir Desember 2023 lalu. Bantuan yang diberikan Baznas Pamekasan berupa sembako dan sejumlah uang. (mas)

No More Posts Available.

No more pages to load.