Sosialisasi Investasi IKN Gelombang Kedua Sukses digelar di Saint Petersburg, Pusat Finansial dan Industri Rusia

oleh
Dubes RI Rusia Tavares

 

ST.PETERSBURG| DutaIndonesia.com – KBRI Moskow kembali melakukan sosialisasi investasi Ibu Kota Nusantara (IKN) gelombang kedua di kota St. Petersburg, Federasi Rusia pada 8/11/2023. Kegiatan bertujuan untuk menjaring perusahaan-perusahaan Rusia yang berminat berinvestasi di Nusantara, ataupun di Indonesia. Sosialisasi dibuka oleh Dubes RI, Jose Tavares dan dihadiri secara virtual oleh Deputi bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Dr. Agung Wicaksono M.Sc., M.B.A sebagai pembicara kunci.

 

Dubes RI menyampaikan dua alasan utama arti penting Rusia menjadi bagian dalam Pembangunan IKN.

 

Pertama, persahabatan Indonesia-Rusia telah terbangun sejak lama dan terjaga dengan baik hingga saat ini. “Rusia merupakan salah satu negara yang mendukung kemerdekaan Indonesia. Pada saat Presiden Soekarno mengumumkan rencana pemindahan Ibu Kota ke Palangkaraya 1961, Rusia merupakan salah satu negara pertama yang mendukung pembangunan infrastruktur disana”, ujar Dubes Jose.

 

Kedua, Rusia dan Indonesia merupakan negara dengan ekonomi raksasa di dunia dan di kawasan masing-masing. “Ekonomi Rusia merupakan yang terbesar ke-8 didunia dan Indonesia merupakan yang terbesar ke-16. Keduanya merupakan anggota G20”, papar Dubes Jose. Dengan modalitas ekonomi yang tinggi ini, kedua negara diharapkan dapat saling membantu dalam konteks investasi, terutama dalam mendukung rencana RI memindahkan ibu kota ke Nusantara.

 

Hal senada juga diserukan oleh Deputi bidang Pendanaan dan Investasi OIKN, Agung Wicaksono. “Nusantara sangat terbuka bagi para investor dari seluruh dunia, termasuk dari Rusia. Terdapat 12 sektor prioritas yang dapat dipilih oleh para calon investor” tegas Deputi OIKN, Agung sembari memaparkan aspek teknis berinvestasi di Nusantara.

 

Deputi OIKN sampaikan terdapat lebih dari 300 letter of intent (LoI) dari berbagai perusahaan dari sejumlah negara untuk berinvestasi di Nusantara, namun belum satupun dari Rusia. Untuk itu, Deputi OIKN, Agung mengajak para pelaku bisnis Rusia untuk mulai menjajaki Nusantara sebagai salah satu destinasi investasi.

 

Sebagai penutup, Dubes RI sampaikan ajakan kepada para peserta untuk meninjau dan melihat langsung pembangunan yang sudah dimulai di Nusantara. “KBRI Moskow, dengan dukungan Otorita IKN, akan memfasilitasi peninjauan lapangan ke Nusantara dan bertemu dengan kementerian/lembaga terkait pada akhir bulan ini”, ajak Dubes Jose. Rencana ini disambut baik oleh para peserta.

 

St. Petersburg merupakan kota terbesar kedua di Rusia dan merupakan pusat bisnis dan keuangan Rusia. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh lebih dari 25 perwakilan perusahaan/ lembaga pemerintahan, termasuk dari kalangan pemerintah daerah St. Petersburg, KADIN Kota, Akademisi dan pelaku bisnis. (gas)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.