Thanksgiving Day di Amerika: Bersyukur, Beraksi Sosial, Promosi Kuliner Indonesia

oleh

NEW YORK|DutaIndonesia.com – Founder dan produser New York Indonesia Fashion Week (NYIFW) Vanny Tousignant dalam berbagai kesempatan selalu mempromosikan produk Indonesia. Selain di event New York Indonesia Fashion Week, yang akan kembali digelar pada Februari 2022, maupun di rumah singgah bagi UMKM “Indonesia Boutique and Art” miliknya, momen perayaan nasional Thanksgiving juga dia manfaatkan untuk mempromosikan kuliner Indonesia.

Salah satunya Nasi Liwet dan Jamu Kunyit Asem yang diproduksi oleh salah seorang diaspora asal Malang, Jawa Timur, Yulia Giacalone. Yulia sekarang tinggal di Kota New Jersey.

Thanksgiving merupakan hari besar di Amerika Serikat yang dirayakan secara meriah pada Kamis 26 November waktu setempat. Thanksgiving selalu diperingati pada hari Kamis sehingga menjadi libur panjang. Saat berlangsung acara ini keluarga dan sahabat berkumpul untuk makan bersama sambil mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Hal itu pula yang dilakukan tim New York Indonesia Fashion Week yang datang dari berbagai kota di Amerika.

“Untuk acara ini, team New York Indonesia Fashion Week kita selalu merayakan bersama. Tetapi biasanya satu minggu sebelum acara Thanksgiving itu sendiri sudah kami lakukan. Ini sudah kami lakukan sebelum terbentuknya New York Indonesia Fashion Week, atau sejak International Fashion and Arts Week yang berdiri tahun 2017,” kata Vanny Tousignant kepada DutaIndonesia.com, Jumat 26 November 2021 WIB.

Thanksgiving, kata Vanny, adalah salah satu hari besar di Amerika sehingga selalu dirayakan secara meriah seperti halnya Natal. Perayaan ini oleh warga AS bisa pula disebut liburan menjelang Natal. Karena itu, selain makan bersama ada pula aksi sosial membantu sesama warga yang kurang beruntung.

“Saya sebelum pandemic biasanya ikut membantu di food bank untuk membagikan makanan dan juga di shelter untuk bantu di dapur. Acara ini sesuai dengan sejarah Amerika memang acara untuk mengucapkan syukur. Thanksgiving pertama kali tahun 1621 di Massachusetts, Amerika Serikat. Tetapi baru pada tahun 1863 Thanksgiving atau hari pengucapan syukur dan doa menjadi hari National Amerika yang diresmikan oleh President Abraham Lincoln,” kata Vanny, diaspora Indonesia, yang sudah 30 tahun tinggal di Amerika Serikat ini.

Nasi Liwet menu khas Indonesia, salah satunya disajikan untuk acara Thanksgiving.

Thanksgiving momen yang sangat spesial. Karena itu Vanny dan tim New York Indonesia Fashion Week pun melakukan hal yang sama setiap tahun. “Team inti Indonesia selalu berkumpul dan bersama-sama berdoa sesuai kepercayaan masing-masing untuk mensyukuri semua berkat dan berkah yang sudah kami terima dari Allah yang Maha kuasa,” katanya.

Seperti tahun lalu, acara Thanksgiving yang dihadiri sejumlah anggota keluarga, kolega, dan sahabat, menyajikan kuliner nusantara. Menu utamanya Nasi Liwet dengan aneka menu lain yang menyertainya. Vanny sengaja menampilkan menu khas Indonesia untuk mempromosikan kuliner tanah air yang sudah terkenal kelezatannya.

“Yang kami utamakan adalah makanan khas Indonesia supaya dapat kami promosikan kepada masyarakat Amerika juga melalui foto dan video yang kami tampilkan di media sosial kami. Bahkan, kali ini ada jamu juga. Jamu buatan Arek Malang, Yulia Giacalone, yang laris manis. Jamu kunyi asam produksi arek Malang ini ternyata sangat disukai,” katanya.

Selain itu ada pula tahu, tempe, ikan asin, dan sambal cobek. Sedang alasnya memakai daun pisang. Semua citarasa Indonesia. Sehingga suasananya serasa di Indonesia.

Jamu Kunyit Asam produksi arek Malang yang sekarang tinggal di New Jersey, Yulia Giacalone.

“Semua itu harus selalu ada saat kami mengadakan acara. Bedanya, pohon-pohon tempat kami mengadakan acara Thanksgiving sekarang sudah mulai gundul di sini,” katanya.

Thanksgiving Day merupakan hari di mana banyak orang menghabiskan waktu bersama keluarga mereka. Thanksgiving Day menjadi salah satu kesempatan untuk lebih berterima kasih terhadap sejumlah hal baik dalam hidup yang diberikan Tuhan.

Hampir setiap orang di Amerika mendapatkan satu atau dua hari libur sekolah atau libur kerja. Hari libur ini menandai pula awal musim liburan Natal.

“Bersyukur. Kemarin suamiku memasak makanan Thanksgiving kami dan dia memanggang pisang dan roti blueberry untuk hidangan penutup kami. Menantu saya membuat makanan kentang yang lezat, minuman jus dan sayuran dan dia juga menghias meja makan. Saya telah memilih beberapa hidangan penutup Philipina dari Queens, sehari sebelumnya untuk dimasukkan ke menu kami tadi malam. Saya bersyukur memiliki keluarga yang indah di dunia ini,” katanya.

No More Posts Available.

No more pages to load.