BI Optimistis Ekonomi Jatim 2022 Tumbuh 5,8%, Ini 4 Kunci Suksesnya

oleh
Budi Hanoto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur.

SURABAYA|DutaIndonesia.com – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jawa Timur memproyeksikan perekonomian Jawa Timur akan bangkit di tahun 2022. Pertumbuhan ekonomi Jatim pada 2022 bisa dipacu mencapai 5 persen – 5,8 persen melalui sejumlah upaya peningkatan dari berbagai sektor ekonomi. Salah satunya UMKM. Optimisme Bank Indonesia itu merupakan komitmen serta sinergi kebijakan dan inovasi dari BI, Pemerintah Daerah, dan lembaga/otoritas lain di Jawa Timur.

Budi Hanoto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, dalam Pertemuan Tahunan Tahun 2021 yang dilaksanakan di Gedung Grahadi, Surabaya, Rabu (24/11/2021), mengatakan, pihaknya sangat yakin akan kebangkitan ekonomi Jatim. Hal itu didukung oleh kondisi fundamental, utamanya ditopang oleh sektor pertanian serta kuatnya sektor industri hingga menjadikan provinsi ini sebagai lead export manufactur.

“Dalam pertemuan tahunan Bank Indonesia tahun ini, kami melakukan penandatanganan komitmen bersama menuju Jatim Bangkit 2022 di mana ada lima fokus yang akan dikejar tahun depan,” ujarnya seusai acara Pertemuan Tahunan BI 2021, Rabu (24/11/2021). Pertemuan Tahunan kali ini dengan tema Optimisme Jatim Bangkit: Sinergi dan Inovasi untuk Mempercepat Pemulihan Ekonomi Jawa Timur.

Budi mengatakan, kondisi itu diperkuat dengan inovasi dan sinergi berbagai pihak dalam menggali potensi yang ada, seperti penguatan kerjasama perdagangan antardaerah, digitalisasi perekonomian, peningkatan inklusivitas UMKM, serta pengembangan ekonomi syariah. Inovasi dan sinergi kebijakan tersebut telah mampu menjaga momentum kebangkitan ekonomi Jawa Timur di tahun 2021.

Di tengah kebijakan pembatasan wilayah, pada triwulan III 2021 ekonomi Jawa Timur tetap mampu tumbuh positif sebesar 3,23% (yoy), lebih tinggi dari Jawa (3,03%, yoy). Sementara pada triwulan IV 2021 pemulihan ekonomi Jatim diperkirakan terus berlanjut sejalan dengan penurunan kasus Covid-19.
Bangkitnya ekonomi Jatim di tengah pandemi Covid-19 tidak lepas dari 4 key success factors alias kunci suksesnya, yaitu:

(1) Menjadikan Jatim sebagai Lead Export Industri Manufaktur;

(2) Penguatan Jatim sebagai Lumbung Pangan Nusantara (LPN)

(3) Optimalisasi digitalisasi ekonomi; dan

(4) Menginklusifkan ekonomi Jatim melalui pengembangan UMKM, ekonomi syariah, dan pariwisata.

No More Posts Available.

No more pages to load.