Menag Yaqut Jajaki Ekspor Produk UMKM Halal ke Jepang

oleh
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas

JAKARTA| DutaIndonesia.com – Jepang dikenal sebagai salah satu produsen halal terbesar di dunia. Banyak produk Jepang yang dinyatakan halal dan diekspor ke berbagai negara muslim termasuk ke Indonesia. Industri halal Jepang yang besar itu membutuhkan bukan hanya bahan baku dari Indonesia, tapi juga SDM sebagai pekerja untuk industri halal tersebut.

Salah satunya tenaga penyembelih hewan bersertifikat halal dari Indonesia. Karena itu banyak santri yang memiliki keahlian ini dan memiliki sertifikat bisa dikirim ke Jepang untuk memenuhi kebutuhan tersebut mengingat muslim di negeri Sakura minoritas.

Guna memastikan industri halal Jepang itu Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas didampingi Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) Aqil Irham juga berangkat ke Jepang dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (10/7/2023) malam. Tujuan lawatannya kali ini, Menag Yaqut dijadwalkan akan memantau proses asesmen dua lembaga halal luar negeri (LHLN) asal Jepang, yaitu Japan Islamic Trust (JIT) dan Japan Muslim Association (JMA).

“Kita akan melakukan asesmen di sana. Apakah yang mereka lakukan di sana sesuai dengan standar regulasi yang ada di Indonesia sehingga produk-produk mereka bisa masuk ke Indonesia,” kata Menag.

Di samping itu, Menag beserta tim juga dijadwalkan akan bertemu dengan beberapa stakeholder di Jepang untuk menjajaki peluang keberterimaan produk halal di negeri sakura tersebut.

“Itu sebenarnya yang paling utama. Karena sebenarnya kalau kita kemasukan barang-barang halal dari Jepang itu sudah biasa,”ujar Menag.

“Nah ini bagaimana barang-barang halal kita dapat masuk leluasa ke Jepang. Dan ini saya kira penting untuk dilakukan, terutama agar UMKM kita di Indonesia dapat mengembangkan sayapnya lebih luas di dunia global,” imbuhnya. (kmg)

No More Posts Available.

No more pages to load.