Demo Pembuatan Vaksin Nusantara di Depan DPR, Terawan Kini Merasa Tak Sendirian

oleh

Terawan kemudian melanjutkan penjelasannya. Dia menyebut sampel darah yang telah diambil itu diuji di laboratorium hingga menjadi vaksin dan bisa digunakan. Salah seorang anggota DPR kemudian menanyakan apakah Terawan sudah disuntik vaksin Nusantara. “Saya sudah, masak saya bikin sendiri ndak berani suntik sendiri, termasuk anak dan istri saya (sudah), sama,” kata Terawan.

Setelah menjelaskan cara membuat vaksin, Terawan menegaskan, vaksin Nusantara bukanlah produk Amerika. Terawan mengaku selama ini memilih untuk diam saat dikritik soal vaksin Nusantara.

“Jadi demikianlah apa yang dikatakan bahwa ini buatan Amerika dan sebagainya. Saya selama ini diam saja. Untuk apa dijawab karena itu kan mereka berpendapat. Pendapat tak perlu dijawab dan saya membuktikan seperti ini. Jadi seperti itu yang bisa kita buat dan itu sudah dikerjakan di RS Kariadi. Uji klinis 1 hanya safety pada pasien. Hasil uji klinis ke-2, satu juga safety yang kedua imunogenitas dan yang ketiga dosis berapa yang paling bagus kalau diizinkan untuk uji klinis berikutnya,” lanjutnya.

Setelah menyaksikan penjelasan Terawan, Eddy Soeparno mengatakan bahwa pemaparan yang dilakukan Terawan merupakan yang pertama dilakukan saat rapat di DPR. “Jadi ini pertama kali di masa sidang kita di Komisi VII, yang kita datang untuk merapat ke meja mitra untuk melihat secara riil dan secara aktual apa yang sedang dilaksanakan dan diprogreskan oleh mitra,” kata Eddy.

Vaksin Nusantara sendiri dipuji para anggota DPR. Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PDIP, Adian Napitupulu, misalnya, merasa baik-baik saja setelah disuntik vaksin Nusantara yang digagas dokter Terawan Agus Putranto. Adian juga mengaku bahagia setelah divaksinasi.