Keep Your Root…!

oleh
Imam Shamsi Ali (Foto: CNNIndonesia)

Akar agama 

Di antara sekian kekhawatiran kita di negara-negara minoritas Muslim seperti Amerika adalah melemahnya generasi dalam agama. Bahkan menyedihkan, realitanya ada orang tua yang taat agama. Tapi anak-anaknya telah lepas, seolah tidak lagi yakin dengan agama ini.

Untuk itu penekanan yang selalu saya sampaikan kepada pasangan yang menikah adalah jika suatu ketika dikaruniai anak-anak oleh Allah maka jadilah orang tua yang bertanggung jawab (responsible parents). 

Tanggung jawab yang saya maksud terhadap generasi biasanya dalam tiga hal. Pertama, jadikanlah generasi kita generasi yang kuat secara fisik/material. Kedua, jadikanlah generasi kita tajam dalam intelektualitas. Ketiga, jadikanlah generasi kita sehat secara ruhiyah (spiritualitas). 

Dalam dunia yang materialis kerap perhatian orang tua hanya pada dua aspek pertama. Semua ingin anaknya sehat, kuat dan berhasil secara material. Demikian pula orang tua ingin anak-anaknya pintar dan berhasil secara akademis. Tapi tidak banyak yang sadar jika aspek ruhiyah menjadi penentu kebahagiaan manusia.

Di sinilah pendidikan agama menjadi sangat menentukan keberhasilan keluarga dan masa depan generasi. Sehingga pendidikan agama anak-anak menjadi bagian dari tanggung jawab besar dan utama orang tua.