Keep Your Root…!

oleh
Imam Shamsi Ali (Foto: CNNIndonesia)

Akar budaya 

Selain agama, tentu ada aspek budaya sebagai bagian dari akar kehidupan  manusia. Sebagai orang Indonesia misalnya, budaya santun dan hormat kepada orang tua menjadi salah satu akar penting kehidupan. 

Saya menekankan hal ini karena banyak di antara anak-anak kita yang kehilangan akar budaya dalam berkarakter, khususnya kepada orang tuanya. Kesantunan dan penghormatan kepada orang tua menjadi sesuatu yang nampak terlupakan. 

Hal ini tidak boleh terjadi. Karena ada aspek-aspek budaya (kultur) kita sebagai bangsa (kaum/nation) yang tetap menjadi acuan moral dan akhlak mulia. 

Salah satu hal yang masuk dalam kategori “remembering the root” dalam budaya adalah tetap menyadari “birrul walidain” (being dutiful, respectful dan kind) kepada kedua orang tua. 

Jangan sampai ketika anak-anak telah berhasil dalam  pendidikan dan profesi yang lebih baik lalu orang tua dilupakan, bahkan dicampakkan. Siapapun orang tua kita, dan bagaimana pun keberhasilan dan kesuksesan kita, tidak akan menggeser posisi “Ayah-Ibu” yang wajib dihormati dan dimuliakan. 

Maka agama dan budaya lokal (kultur) yang baik menjadi akar kehidupan (root of life) yang harus dipertahankan. Atau yang selalu saya ekspresikan dalam setiap kesempatan menyampaikan nasehat pernikahan akhir-akhir ini: “keep your root!”. 

Semoga Allah menjaga anak-anak kita. Amin!  (*)

New York, 12 Juni 2021 

* Presiden Nusantara Foundation