Sat Lantas Polres Sampang Masifkan Patroli Jalan Raya Antisipasi Laka Lantas di Musim Hujan

oleh

SAMPANG|DutaIndonesia.com – Dalam beberapa hari ini wilayah Kabupaten Sampang sedang diguyur hujan dengan intensitas  cukup tinggi. Kondisi tersebut tentunya harus diwaspadai oleh pengguna jalan terutama bagi para pengendara sepeda motor.

Menyikapi hal tersebut , Sat. Lantas Polres Sampang mulai masifkan kegiatan preventif yakni dengan melaksanakan patroli jalan raya di sepanjang jalur utama mulai perbatasan Kabupaten Sampang sebelah barat yang berbatasan dengan Kabupaten Bangkalan hingga perbatasan di sebelah timur wilayah Kabupaten Pamekasan.

Kegiatan itu sendiri dilaksanakan  oleh personil Sat Lantas Polres Sampang yang dipimpin Aipda Mukim SH, Kanit Patroli Sat. Lantas Polres Sampang bersama Bripka Hendrik Robetalianto, Bripka Sulham Wahyudi dan Briptu Bima Ageng. Mereka melaksanakan kegiatan patroli jalan raya dimulai sejak pukul 12.30 wib dengan tujuan guna mengantisipasi kejadian kecelakaan lalu lintas saat turun hujan, Sabtu (01/10/2022).

Sambil menyalakan lampu rotator kendaraan dinas, Aipda Mukim mengambil rute patroli dengan start mulai dari Pos 9.0 Barisan menuju perbatasan Kabupaten Sampang dengan Kabupaten Pamekasan.

Kapolres Sampang, AKBP Arman S.iK, M.Si melalui Kasat Lantas Polres Sampang AKP Alimudin Nasution SH, MH menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan Sat lantas adalah untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di musim penghujan, sehingga dia memerintahkan anggotanya terutama bagian operasional untuk melaksanakan patroli jalan raya.

“Selain patroli jalan raya, personil Sat. Lantas Polres Sampang juga kami perintahkan untuk melaksanakan penjagaan dan pengaturan arus lalu lintas di beberapa tempat yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Kegiatan preventif atau pencegahan terjadinya kecelakaan merupakan bentuk nyata kepedulian Polri dalam melindungi masyarakat dan pengguna jalan agar merasa aman dan nyaman saat menggunakan jalan raya dan terbebas dari kecelakaan di saat kondisi hujan”, ujarnya.

Ada beberapa faktor yang bisa saja mengakibatkan kecelakaan dalam waktu kondisi hujan, diantaranya jarak pandang yang terbatas, kondisi jalan licin. “Dan juga masih banyak lagi faktor lainnya”, jelasnya kepada awak media.

Selanjutnya, AKP Nasution menghimbau kepada para pengguna jalan yang melintas di wilayah Kabupaten Sampang untuk mengurangi kecepatan dan tetap waspada menjaga jarak, sehingga mengantisipasi pengereman mendadak kendaraan di depannya sebab jarak pandang yang kurang maksimal karena dalam kondisi hujan.

“Bagi  pengguna jalan, kami menghimbau agar mewaspadai genangan air, untuk menghindari aquaplaning yang akan membuat kendaraan sulit dikendalikan dan berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan”, imbuhnya.

Dirinya  juga menyampaikan kepada pengguna jalan supaya menyalakan lampu kendaraannya, dengan tujuan agar kendaraan yang satunya bisa terlihat oleh pengguna jalan lainnya. 

“Yang terpenting dalam berkendara saat kondisi hujan adalah tetap fokus, tenang dan waspada selama berkendara di jalan raya”, pungkasnya. (isn)

No More Posts Available.

No more pages to load.